ROOM
A. SIKAP ROOM BOY ATAU MAIDYang dimaksud dengan penampilan room boy / maid adalah penampilan dari segi fisik maupun mental yang dapat dipertanggung jawabkan perwujudannya, baik kepada tamu, atasan, maupun sesama karyawan dan sikap yang sopan, ramah dan siap melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab
B. PERALATAN KERJA DAN FORM
• Room boy / maid trolley cart
• Room boy control sheet
• Lost and found report
• Lost and damage report
• Maintenance report
• Work order
• Room boy report
• Room key
• Ball point
• Block note
• Linen supplies
• Guest supplies
• Cleaning equipment
• Cleaning agent
C, BAGIAN BAGIAN DARI ROOM BOY TROLEY
BARANG-BARANG YANG DIPERSIAPKAN DALAM ROOM BOY TROLLEY CART MELIPUTI :
LINEN SUPPLIES
• Bed sheet
• Pillow case / slip
• Bath towel
• Hand towel
• Face towel
• Bath mat /rag
• Blanket
• Duvet cover
• Duvet Inner
• Bed runner
• Bath robe
GUEST SUPPLIES
• Bath soap
• Bath foam
• Hair shampoo
• Tooth brush and paste
• Tissue
• Toilet paper
• Shower cap
• Sanitary bag
• Sanitary napkin
• Shoe polish
• Stationary kit :
Envelope
Writing Paper
Memo pad
Ball Point
Guest comment slip
Hotel brochure
Hotel Postcard
Hotel sticker
OTHERS SUPPLIES :
• Laundry bag
• Laundry list
• Room service menu
• Door knob menu
• DD Sign
• Make up room sign
• Telephone tend card
• TV / Video program
• Map folder
• Telephone directory
ROOM SUPPLIES
• Astray
• Lamp
• Drinking glass
• Tooth brush glass
CLEANING EQUIPMENT
• Carry Caddy
• Toilet Bowl Brush
• WRD Cloth
• Sponge
• Hand brush
• Chamois
• hand glove
• Broom
• MOP
• Bottle Sprayer
• Glass Wiper / Squeegees
• Push Broom
• Glass Washer
• Dust pan
• Vacuum cleaner
CLEANING AGENT
• Glass cleaner
• Toilet Bowl cleaner
• Liquid soap
• Metallic cleaner
• MPC
• Deodorant /Air freshener
• Wood polish
• Antiseptic and disinfectant
D. PENGECEKAN KAMAR
- Perhatikan ada tanda Don’t Disturb Sign
- Mengetuk/mengebel dengan menyebut identitas.
- Kamar kosong (vacant:) juga diperiksa apakah segala sesuatunya dalam keadaan baik dan komplit dan kalau kerusakan – kerusakan yang ditemukan,
- Kamar Check-out : diperiksa apakah ada barang-barang hotel yang terbawa oleh tamu atau apakah ada barang-barang tamu yang tertinggal,
- Kamar yang tamunya ada didalam kamar, supaya tamunya tidak tersinggung, tanyakan apakah ada Laundry/cucian yang akan dikirim ke Laundry.
- Kamar yang tamunya Sleep Out, laporkan kepada Floor Supervisor agar di Double Lock oleh Duty Manager.
- Kamar yang ON/Occupied no luggage. Andaikan tidak ketemu sendiri sama tamunya, laporkan saja sebagai check out room.
E. MEMASUKI KAMAR
Untuk mendapatkan status kamar yang akurat maka room boy akan . Tapi ada beberapa kamar yang tidak boleh dimasuki dimasuki antara lain :
- Kamar yang memasang tanda DD ( Don’t disturb sign )
- Kamar yang Double lock
Untuk memasuki kamar – kamar tamu harus mengikuti aturan yang sudah ditetapkan oleh management seperti :
- Ketuklah pintu kamar dengan punggung jari, ketuk pintu kamar tamu jangan terlalu keras dan jangan terlalu lembut.
- Ketuk pintu 3 kali, sambil menyebut identitas
- Jangan sesekali mengetuk pintu dengan kunci atau pulpen,
- Kalau tidak ada jawaban, ulangi lagi untuk yang kedua dan ketiga kalinya.
- Bila tidak ada jawaban juga, bukalah kamar dengan menggunakan pass key, bukalah pintu perlahan-lahan.
- Andai kata ada tamu yang tertidur tutuplah kembali pintu secara perlahan-lahan, bila ternyata tamunya tidak ada gantunglah tanda pramugraha ( Make up room sign ) pada pegangan/tombol pintu sebelah luar.
- Apabila waktu anda mengetuk pintu ada jawaban dari tamu dan menyuruh anda masuk atau pintunya dibuka oleh tamu, sapalah tamu itu dengan sopan dan ramah. Kalau anda sudah mengetahui nama tamu tersebut sapalah dengan menyebut namanya. Lanjutkan dengan beberapa pertanyaan Contoh:Good morning Mr. Kienzz, Do you have any laundry this morning ? Or everything all right in your room or Have you got any problem with you room
- Dari percakapan singkat dengan tamu atau dari pengamatan terhadap kamar tamu akan diketahui kondisi atau status kamar tersebut, kemudian catat pada Room boy / maid Report dengan menggunakan code atau simbul Simbol atau kode tersebut pada umumnya hapir sama untuk semua hotel
F. STATUS KAMAR
• V Vacant
• VC Vacant clean
• VCI Vacant Clean Infection
• VD Vacant dirty
• O Occupied
• OD Occupied dirty
• OC Occupied Clean
• EA Expected Arrival
• ED Expected Departure
• C / I Check in
• C / OCheck Out
• WIG Walk In Guest
• DU Day use
• DL Double Lock
• OO Out of order
• OS Out of service
• VM Vacant Maintenance
• DD Don’t Disturb
• HU House Use
• RE Resident of employe / Room of Employe
• SO Sleep out
• EB Extra bed
• BCt Baby cot / Baby box
• NB No Baggage / NL No luggage
• SR Service refused
• COMP Compliment
• SKP Skipper
HOUSEKEEPING EXTRA ITEMS
• Extra bed / Folding Bed / Rolling bed
• Baby cot / Baby box
• Iron & iron board
• Con plug
• Reading lamp
• Pillow foam
NUMBER OF PERSON
• 1 / 0 one person male
• 0 / 1 one person Female
• 1 / 1 Two person male and Female
G. JENIS TEMPAT TIDUR
• Single bed 200 x 100 Cm
• Twin Bed 200 x 100 Cm
• Double Bed 200 x 160 CM
• Queen Size bed 200 x 160 CM
• King size bed 200 x 160 CM
• Twin double bed 200 x 160 CM
• Extra bed / folding bed / rolling bed 190 x 90 Cm
• Baby Cot / Baby Crib 70 x 120 Cm
• Hollywood bed 200 x 100 Cm
• Studio bed 90 x 190 Cm
• Hide - away bed -
• Murphy bed 90 x 190 Cm
BAGIAN-BAGIAN TEMPAT TIDUR
• Bed Head / Head Board
• Spring Box
• Mattress
• Bed Wheel
• Bed Leg
MEMILIH LINEN
Bed Room
• Bed skirt ( Menjuntai ke bawah , kiri dan kanan serta bawah kurang lebih 30 CM )
• Bed pad / mattress Protector
• Bed sheet
• Blanket ( Singgle bed 175 x 250 Cm dan double bed 228 x 250 Cm )
• Pillow case /Slip dengan ukuran 50 x 76 Cm
• Bed cover / bed Spread ( ukuran bed sedangkan bagian kanan dan kiri agar bias menutup seluruh bed kurang lebih ditambah 40 cm, dan bagian atas ditambah kurang lebih 50 cm untuk membungkus / menutup semua bantal )
• Duvet Inner
• Duvet cover
• Bed runner
Bath Room
• Bath towel ( Bath towel berukuran 60 x 120 cm )
• Hand Towel (Hand towel berukuran 50 x 100 cm)
• Face Towel (Face towel beruuran 30 x 45 cm )
• Bath Mat / Bath rug (Bath mat /bath rug berukuran 60 x 90 cm )
• Bath Robe
H. STRIPING THE BED
• Pillow cas ( pillow letakkan di atas kursi yang terdekat )
• Buka top sheet ( lipat )
• Buka Blanket (Blanket letakkan di atas kursi yang terdekat )
• Buka second sheet ( lipat )
• Bukathird sheet( lipat )
• Kalau dianggap perlu ganti Bed pad dan lipat bed
• Ambil semua lena yang kotor bawa dan letakkan (linen humper) pada Room boy / Maid Trolley card bawa beberapa jenis handuk dan lena yang harus diganti.
• Pada saat kembali ke kamar anda harus membawa sheet dan pillow cases serta towel sesuai yang diperlukan untuk ditata.
I, MENATA TEMPAT TIDUR DENGAN MENGGUNAKAN 3 SHEET.
J. CARA MEMASANG DUVET :
• Single Bedded Room (80 cm x 192 cm sampai 100 cm x 200 cm).
• Double Bedded Room (135 cm x 200 cm sampai 150 cm x 200 cm)
• Twin Bedded Room
• Triple Bedded Room
• Suite Room ( Living Room or Sitting Room or Par lour, bar dan dapur kecil ( Kitchenette ).
JENIS KAMAR DILIHAT DARI LOKASI / LETAK
• Connecting Room
• Adjoining Room
• Adjacent Room
• Cabana Room
• Duplex Room
JENIS KAMAR DILIHAT DARI UKURAN DAN KELENGKAPAN FASILITAS
• Standard Room
• Second Class Room
• Superior Room
• Deluxe Room
• President Deluxe Room / Super deluxe
Perlengkapan kamar tidur
• Bed
• Night table / Side table
• Night table lamp
• Control panel
• Wardrobe / cap board / Cloth cabinet
• Luggage rack / baggage rack Baggage Bench
• Dressing table / Writing table
• Dressing table Chair
• Dressing table Mirror
• Coffee table chair
• Coffee table
• Balcony Chair
• Balcony table
• Body Mirror
• Waste basket
• Glass curtain
• Night Curtain
Other room Equipment
• Wardrobe lamp
• Writing table lamp
• Foot lamp
• Ceiling lamp
• Standing lamp
• Wall mouth bed lamp
• Refrigerator
• Safety deposit box
Perlengkapan kamar tidur
• Bath tub
• Bath tub Drain ( plug and chain )
• Shower ( Head , Pipe, Handle )
• Water tub hot and cold water
• Bath towel rack
• Bath soap dish / Holder
• Safety handle
• Shower curtain and hook
• Toilet Bowl ( Seat, Cover )
• Water tank
• Water flusher
• Toilet paper holder / Box
• Waste basket
• Water tub hot and cold water
• Wash basin Drain ( Plug and Chain )
• Wash basin
• Wash basin mirror
• Wash basin table
• Facial tissue dispenser
• Hand towel rack
• Bottle opener
• Hook
• Razor blade container
MELENGKAPI GUEST SUPPLIES KAMAR TIDUR
GUEST ROOM SUPPLIES
Guest room supplies tidak bisa dibawa pulang
• Coffee tea set
• Don’t disturb sign
• Door knob menu
• Drinking glass
• Fountain pen
• Glass cover
• Guest notice
• Hanger
• Hotel directory
• Magazine
• Make up room sign
• Mini bar
• Room service menu
• Shoe spoon
• Slipper
• Stationary holder / Map holder
• Telephone directory
• Tray ( Drinking glass and water pitcher )
• Turn down service sign
• Bath mat
• Bath robe
• Bath towel
• Disposal bag
• Face towel
• Hair dryer
• Hand towel
• Kleenex tissue Box
• Toilet paper Box
• Tooth Glass
• Waste basket
GUEST ROOM GIVEAWAY
bisa dibawa pulang:
• Ballpoint
• Ballpoint
• Dray cleaning list
• Envelope
• Facsimile form
• Glass cover
• Guest comment / Suggestion form
• Hotel Postcard
• Laundry bag
• Laundry list
• Matches
• Memo pad
• Mini bar list
• Pressing list
• Sewing kit
• Shoe shine paper / Sponge / Shoe mitts
• Shoe spoon
• Sticker
• Telephone directory
• Writing paper
• Bath foam
• Bath soap
• Comp
• Conditioner
• Cotton bud
• Disposal bag
• Hand towel
• Kleenex tissue
• Sanitary paper band / Toilet Seat band
• Shampoo
• Shower cap
• Toilet paper
• Tooth brush
• Tooth Glass cover
• Tooth paste
Disamping barang – barang giveaway diatas Giveaway dapat berupa :
• Hotel Calendar
• T – Shirt
• Key tag
• Bag
• Dll
STANDARD PENEMPATAN GUEST SUPPLIES KAMAR TIDUR
bed room
Door Knob
1 Door knob menu
1 Do not disturb sign
1 Make up room sign
1Turd Down service sign
Wardrobe/cupboard
8 Hanger
2 Shoes shine
4 Laundry bag
4 Laundry list
4 Dry cleaning list
4 Pressing list
1 Safe deposit box
Dressing table
Bagian atas
1 Ashtray and matches
1 Room service menu
1 Video and music program
1 Tray ( Dringking glass and Water jug )
1 Coffee or tea set / Cattle
Bagian laci
1 Stationary holder yang berisi :
1 Hotel Brochure
4 Guest stationeries,
2 Hotel postcard
1 Rate sheet
3 Envelope
4 Writing paper
1 Ballpoint
2 Facsimile form
2 Sticker
1 Guest comment slip
1 Sewing kit
Night Table / Side table
Bagian atas
1 Ashtray and matches
1 Memo pad
1 BallPoint
1 Telephone Tend card
2 Message form
Bagian bawah
1 Hotel directory
1 Telephone directory
1 Hotel Magazine
1 Kitab suci
Coffee table
1 Matches
1 Ashtray
Balcony table
1 Matches
1 Ashtray
Bath room
2 Bath towel
2 Hand towel
2 Face towel
1 Bath mat
2 Bath soap
2 Bath foam
2 Hair Shampoo
2 Conditioner
2 Tooth brush
2 Tooth paste
2 Shower cap
2 Toilet tissue
2 Face tissue
2 Sanitary bag
2 Slipper
1 ashtray and matches
1 Waste basket
2 Tooth glass
PROSEDUR MEMBERSIHKAN PERLENGKAPAN KAMAR TIDUR
Agar semua perlengkapan benar-benar bersih, maka dalam kegiatan pembersihan dilakukan urut-urutan atau perputaran gerakan pembersihan biasanya searah dengan jarum jam (clockwise atau un clock wise).
• Dusting
• Damp dusting
• Polishing
• Glass wiping
ALAT DAN BAHAN PEMBERSIH YANG DIPERLUKAN
I, MENATA TEMPAT TIDUR DENGAN MENGGUNAKAN 3 SHEET.
- Secara berkala baliklah kasur sesuai dengan SOP
- Rapikan pelindung “bed pad/bed protector” atau mattress pad”
- Anda harus berdiri di Top tempat tidur, hal dilakukan agar tidak membelakangi tamu atau memudahkan menebarkan sheet (symmetries)
- Tebar/pasang sheet pertama dengan baik Garis lipatan atau setrika harus berada ditengah- tengah tempat tidur
- Lipatlah ujung sheet pertama pada bagian kepala tempat tidur dan bagian samping kanan dan kiri yang terdekat dengan anda dengan membentuk sudut 30 sampai 40 derajat dengan cara sebagai berikut (Masukkan sheet bagian kepala kebawah kasur,Sheet di bagian kiri dan kanan masukkan kebawah kasur dan masing – masing sudutnya diangkat keatas, bagian sheet yang tidak terangkat masukkan kebawah kasur,selanjutnya sudut sheet yang diangkat tadi dilepaskan dari pegangan dan masukkan kebawah kasur, demikian dikerjakan keempat sudut tempat tidur )
- Pasang atau tebarkan sheet yang ke dua. Jahitannya menghadap ke atasPasang atau lemparkan selimut diatas sheet ke dua..
- Pasang atau tebarkan sheet yang ke tiga. Jahitannya menghadap ke bawah (Lipat ujung bagian kepala sheet kedua dan sheet ketiga dengan tekukan 15 cm dan dilipat kembali sehingga menutup ujung selimut ,Masukkan sheet ke dua , selimut dan sheet ketiga sepanjang sisi kanan dan kiri tempat tidur yang terdekat dengan diri anda. ,Pindah kebagian bawah tempat tidur, tarik sheet pertama, kedua selimut dan sheet ketiga agar rapi, kemudian sasukkan secara bersamaan kebawah kasurSelanjutnya Sheet pertama, kedua, selimut dan ketiga bagian samping kiri dan kanan masukkan kebawah kasur secara bersamaan dengan membentuk sudt 30 sampai 40 derajat dengan cara yang samam seperti diatasPasang sarung bantal dan bagian yang tersisa dilipat rapi dipasang dengan rapi )
- Letakkan bantal pada tempatnya
- Tutup tempat tidur dengan tutup tempat tidur atau “bed spread” atau “ bed cover” serta bantal ditutup sedemikian rupa sehingga kelihatan serasi
- Dorong tempat tidur pada posisi yang benar
- Letakkan Duvet diatas tempat tidur dari posisi samping tempat tidur
- Lipat Duvet menjadi dua bagian atau tiga bagian
- Pasang Duvet case / Cover ( Dalam keadaan jahitan terbalik ) ambil kedua sudut bagian bawah duvet case kemudian pertemukan dengan kedua sudut duvet
- Pegang erat –erat kedua sudut tersebut dan masukkan duvet dengan cara dibentangkan sambil dikibaskan
- Rapikan duvet dengan cara melipat bagaian atas kepala tempat tidur menjadi 2 atau tiga lipatan agar kelihatan rapi
- Letakkan bantal yang sudah dipasang dengan sarung bantal diatas tempat tidur
K. JENIS - JENIS KAMAR
• Single Bedded Room (80 cm x 192 cm sampai 100 cm x 200 cm).
• Double Bedded Room (135 cm x 200 cm sampai 150 cm x 200 cm)
• Twin Bedded Room
• Triple Bedded Room
• Suite Room ( Living Room or Sitting Room or Par lour, bar dan dapur kecil ( Kitchenette ).
JENIS KAMAR DILIHAT DARI LOKASI / LETAK
• Connecting Room
• Adjoining Room
• Adjacent Room
• Cabana Room
• Duplex Room
JENIS KAMAR DILIHAT DARI UKURAN DAN KELENGKAPAN FASILITAS
• Standard Room
• Second Class Room
• Superior Room
• Deluxe Room
• President Deluxe Room / Super deluxe
Perlengkapan kamar tidur
• Bed
• Night table / Side table
• Night table lamp
• Control panel
• Wardrobe / cap board / Cloth cabinet
• Luggage rack / baggage rack Baggage Bench
• Dressing table / Writing table
• Dressing table Chair
• Dressing table Mirror
• Coffee table chair
• Coffee table
• Balcony Chair
• Balcony table
• Body Mirror
• Waste basket
• Glass curtain
• Night Curtain
Other room Equipment
• Wardrobe lamp
• Writing table lamp
• Foot lamp
• Ceiling lamp
• Standing lamp
• Wall mouth bed lamp
• Refrigerator
• Safety deposit box
Perlengkapan kamar tidur
• Bath tub
• Bath tub Drain ( plug and chain )
• Shower ( Head , Pipe, Handle )
• Water tub hot and cold water
• Bath towel rack
• Bath soap dish / Holder
• Safety handle
• Shower curtain and hook
• Toilet Bowl ( Seat, Cover )
• Water tank
• Water flusher
• Toilet paper holder / Box
• Waste basket
• Water tub hot and cold water
• Wash basin Drain ( Plug and Chain )
• Wash basin
• Wash basin mirror
• Wash basin table
• Facial tissue dispenser
• Hand towel rack
• Bottle opener
• Hook
• Razor blade container
MELENGKAPI GUEST SUPPLIES KAMAR TIDUR
GUEST ROOM SUPPLIES
Guest room supplies tidak bisa dibawa pulang
• Coffee tea set
• Don’t disturb sign
• Door knob menu
• Drinking glass
• Fountain pen
• Glass cover
• Guest notice
• Hanger
• Hotel directory
• Magazine
• Make up room sign
• Mini bar
• Room service menu
• Shoe spoon
• Slipper
• Stationary holder / Map holder
• Telephone directory
• Tray ( Drinking glass and water pitcher )
• Turn down service sign
• Bath mat
• Bath robe
• Bath towel
• Disposal bag
• Face towel
• Hair dryer
• Hand towel
• Kleenex tissue Box
• Toilet paper Box
• Tooth Glass
• Waste basket
GUEST ROOM GIVEAWAY
bisa dibawa pulang:
• Ballpoint
• Ballpoint
• Dray cleaning list
• Envelope
• Facsimile form
• Glass cover
• Guest comment / Suggestion form
• Hotel Postcard
• Laundry bag
• Laundry list
• Matches
• Memo pad
• Mini bar list
• Pressing list
• Sewing kit
• Shoe shine paper / Sponge / Shoe mitts
• Shoe spoon
• Sticker
• Telephone directory
• Writing paper
• Bath foam
• Bath soap
• Comp
• Conditioner
• Cotton bud
• Disposal bag
• Hand towel
• Kleenex tissue
• Sanitary paper band / Toilet Seat band
• Shampoo
• Shower cap
• Toilet paper
• Tooth brush
• Tooth Glass cover
• Tooth paste
Disamping barang – barang giveaway diatas Giveaway dapat berupa :
• Hotel Calendar
• T – Shirt
• Key tag
• Bag
• Dll
STANDARD PENEMPATAN GUEST SUPPLIES KAMAR TIDUR
bed room
Door Knob
1 Door knob menu
1 Do not disturb sign
1 Make up room sign
1Turd Down service sign
Wardrobe/cupboard
8 Hanger
2 Shoes shine
4 Laundry bag
4 Laundry list
4 Dry cleaning list
4 Pressing list
2 Extra pillow ( Di rack bagian atas , lengkap dan dibungkus plastic )
Dressing table
Bagian atas
1 Ashtray and matches
1 Room service menu
1 Video and music program
1 Tray ( Dringking glass and Water jug )
1 Coffee or tea set / Cattle
Bagian laci
1 Stationary holder yang berisi :
1 Hotel Brochure
4 Guest stationeries,
2 Hotel postcard
1 Rate sheet
3 Envelope
4 Writing paper
1 Ballpoint
2 Facsimile form
2 Sticker
1 Guest comment slip
1 Sewing kit
Night Table / Side table
Bagian atas
1 Ashtray and matches
1 Memo pad
1 BallPoint
1 Telephone Tend card
2 Message form
Bagian bawah
1 Hotel directory
1 Telephone directory
1 Hotel Magazine
1 Kitab suci
Coffee table
1 Matches
1 Ashtray
Balcony table
1 Matches
1 Ashtray
Bath room
2 Bath towel
2 Hand towel
2 Face towel
1 Bath mat
2 Bath soap
2 Bath foam
2 Hair Shampoo
2 Conditioner
2 Tooth brush
2 Tooth paste
2 Shower cap
2 Toilet tissue
2 Face tissue
2 Sanitary bag
2 Slipper
1 ashtray and matches
1 Waste basket
2 Tooth glass
PROSEDUR MEMBERSIHKAN PERLENGKAPAN KAMAR TIDUR
Agar semua perlengkapan benar-benar bersih, maka dalam kegiatan pembersihan dilakukan urut-urutan atau perputaran gerakan pembersihan biasanya searah dengan jarum jam (clockwise atau un clock wise).
• Dusting
• Damp dusting
• Polishing
• Glass wiping
CLEANING EQUIPMENT
• Dust cloth
• Cotton cloth
• WRD ( wash, rinse, dry Cloth )
• Pail
• Chamois
• Glass cloth
• Glass squeezes
• Bottle sprayer
CLEANING AGENT
• Wooden polish
• Glass cleaner
• Metal polish
TEKNIK DAN PROSEDUR PEMBERSIHAN
Pindahkan atau geser barang-barang yang ada diatas meja (furniture) dengan teratur, supaya mudah diletakkan kembali ketempat/posisi semula, Lipatlah lap itu dengan rapi. Bersihkan semua perabotan kamar. Agar tidak ada bagian yang terlupakan atau terlewatkan, lakukan dengan cara yang teratur atau berurutan. Mulailah mengerjakannya dari serambi kamar atau tempat lain yang telah ditentukan, kemudian dilakukan dengan urut-urutan atau berputar sesuai dengan arah jarum jam. ( clock wise )
Secara berkala parabotan ini perlu juga disemir dengan semir perabotan rumah atau furniture polish. Bila perlu lakukan pembersihan dengan lap lembab bila kotoran tersebut sudah lengket pada permukaan. Perhatikan pada bagian yang sekecil-kecilnya, antara lain laci, meja, bola lampu. Jangan lupa membersihkan bagian bawah alat-alat yang bisa diangkat seperti lampu duduk dsb.
Setelah semuanya bersih dari debu, taruh lap lembut tadi pada tempatnya, kemudiann ambil perlengkapan dan bahan pembersih kaca untuk membersihkan kaca jendela, pintu, cermin dengan metoda yang benar. Teknik pembersihan kaca atau cermin ini disebut glasses wipping.
HAL-HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM TEKNIK DAN PROSEDUR PEMBERSIHAN
- Hematlah langkah dalam kegiatan ini, untuk itu taruh alat dan bahan pembersih yang diperlukan di Cleaning box
- Furniture yang lainya dilindungi dengan logam/besi diberi alas dari plastik/karton agar tidak meninggalkan noda bekas karat
- Sambil mendusting anda sambil memeriksa kelengkapan-kelengkapan guest supplies yang sudah terpakai/ kurang untuk diganti pada saat anda melengkapi guest supplies
- Perhatikan ( Hidden Place ) seperti dibawah telephone, tend card, Table lamp dan lain lainya
Perhatikan arah darimana pertama kali membersihkan lantai. Ambillah tempat yang terjauh dari pintu dahulu. Jangan lupa bersihkan sudut-sudut dan kolong-kolong sekaligus untuk melihat apakah ada barang-barang kecil milik tamu yang terjatuh.
Lantai permadani (karpet dibersihkan dengan penyapu permadani atau “Box Sweeper”/ push broom dan alat penghisap debu “Vacuum Cleaner”
Jenis lantai yang lain dibersihkan dengan cara menyapu dan mengepel (damp sweeping atau mopping). Setelah dilakukan pekerjaan membersihkan kamar mandi, ambillah perlengkapan menyapu, yakni sapu dan penampung sampah atau “dust pan”. Bersihkan lantai dari serambi, dan diteruskan di dalam kamar dan terakhir pada pintu masuk. Jangan lupa menyapu di tempat yang tersembunyi seperti dibawah meja, dibalik pintu dll.
PROSEDUR MEMBERSIHKAN PERLENGKAPAN BATH ROOM
Pada mumnya alat-alat sanitasi yang ada di kamar mandi ialah:
• Toilet bowl
• Bath tub
• Wash basin
• Floor
Disamping alat-alat tersebut kadang-kadang dilengkapi juga dengan “bidet” yang fungsinya sama dengan jamban, yang biasanya dipakai khusus untuk wanita.
CLEANING EQUIPMENT AND CLEANING AGENT
• Cady carry
• Sponge
• Toiled bowl brush
• Glass Cloth
• WRD
• Mop / Floor cloth
• Glass squeezes
• Glass cleaner
• Toilet Bowl Cleaner
• Liquid soap
• MPC
• Metal cleaner
• Deodorant
PROSEDUR MEMBERSIHKAN TOILET BOWL
- Semburkan “Flusing” air pada jamban atau “toilet bowl” menghanyutkan/ membuang bila ada kotoran tertinggal didalamnya.
- Kemudian tuangkan bahan pembersih toilet bowl cleaner (disinsfectant), biarkan beberapa saat sambil menunggu obatnya bereaksi,
- Sikat dan bersihkan Toilel bowl cover, tolet bowl seat dengan menggunakan sponge
- Sikat dan bersihkan bagian dalam dari toilet bowl dengan toilet bowl brush, lakukan sampai bersih lalu lakukan flushing
- Gosok bagian bawah dan luar toilet bowl dengan menggunakan sponge dan MPC hingga lelihatan bersih
- Bilas dengan air dan keringkan dengan dray cloth
- Bersihkan bagian dari kran atau perlengkapan lain yang terbuat dari logam dengan menggunakan Metal cleaner
- Gosok dan bersihkan bagian dalam dan luar dari water tank bilas dan keringkan dengan dray cloth
- Setelah selesai semua bagian di bersihkan bilas semua dengan rinse cloth dan keringkan dengan dray cloth
PROSEDUR MEMBERSIHKAN BATH TUB
- Lipat shower curtai keatas atau gantungkan ke curtain hook terlebih dahulu agar tidak terganggu saat bekerja
- Bersihkan pancuran atau “shower” dengan Metal Cleaner kemudian dilanjutkan ke dinding serta soap dish dengan menggunakan MPC
- Siram bath tub dengan air dan MPC
- Gosok bath tub dengan menggunakan sponge hingga bersih atau tidak ada lagi kotoran yang nempel pada bath tub
- Siram bath tub dengan air bersih
- Bersihkan juga bagian pojok dan sekeliling dari bath tub yang hitam dengan menggunakan hand brush sampai bersih termasuk bagian dinding luar dari bath tub
- Cuci Shower curtain bagian bawah lalu bilas dan keringkan
- Setelah selesai sumua bagian bilas dengan rinse cloth dan keringkan dengan dray cloth
- Kembalikan shower curtain pada posisi semula
- Cuci glass dan a ashtray lalu bilas dan keringkan dengan glass cloth
- Bersihkan Wash basin table secara keseluruhan dengan sponge dan MPC
- Cuci dan bersihkan kran – kran air dengan menggunakan Metal cleaner sampai bersih dan keringkan
- Bersihkan bagian dalam dari wash basin, siram dengan air kemudian beri obat MPC lalu bersihkan dengan sponge bilas dan keringkan dengan dray cloth
- Setelah selesai semua bagian bilas dengan rinse cloth dan keringkan dengan dray cloth
- Bersihkan Kaca / cermin sesuai dengan prosedur yang berlaku di perusahaa
- Wash basin table, kran air, bagian dalam wash basin, kaca
Sapu lantai kamar mandi, pel dengan menggunakan mop sesuai dengan prosedur dari arah terjauh dan berakhir di pintu masuk kamar mandi
URUTAN ATAU LANGKAH – LANGKAH MENYIAPKAN KAMAR ( II )
1. Personal preparation
Sebelum mulai bekerja harus :
• Berpenampilan rapid an bersih
• Mengenakan seragan yang lengkap besih dan rapi sesuai dengan standard perusahaan
• Tidak boleh menggunakan lipstic dan perhiasan yamh berlebihan
• Menjaga Kebersihan tangan, kaki, badan tidak berbau, kuku tidak diperbolehkan panjang
2. Preparing trolley
Persiapkan trolley untuk membawa perlengkapan untuk membersihkan kamar dan yakinkan bahwa trolley dalam keadaan bersih atau sudah di dusting, perlengkapan tersebut meliputi :
• Guest supplies
• Cleaning equipment
• Cleaning Agent
• Linen supplies
• Other Supplies
• Form Housekeeping
3. Push the trolley
Dorong trolley ke depan kamar yang akan di bersihkan dengan trolley menghadap ke kamar yang akan di bersihkan dan jangan menempatkan trolley melintang di corridor
4. Entering the room
Ketuklah pintu kamar dengan punggung jari, ketuk jangan terlalu keras dan jangan terlalu lembut. Ketuk pintu 3 kali, atau tekan bel bila hotel menggunakan bel 3 x sambil menyebut identitas diri atau departemen anda Contoh Room boy please or Housekeeping please ! Jangan sesekali mengetuk pintu dengan kunci atau pulpen, agar supaya pintu itu tidak ternoda atau lecet. Lalu gantungkan tanda Make up room sign di pegangan pintu dan biarkan pintu terbuka
5. Turn on every light
Nyalakan lampu kamar untuk memastikan apakah ada lampu yang rusak atau tidak, bila ada Laporkan atau catat. Periksa semua perlengkapan yang lain seperti TV, AC, Refrigerator, dll catat dan laporkan kalau ada kerusakan.
6. Take a good look
Periksa sekeliling kamar tamu terutama pada kamar yang baru C/O apakah ada barang tamu yang tertinggal atau barang yang rusak jika ada laporkan ke supervisor
7. Open the window draperies / Curtain
Buka curtain lebar lebar agar ada sinar matahari masuk
8. Open the window
Buka jendela kamar / pintu serambi kamar agar udara berganti dengan udara yang bersih, lalu matikan lampu dan AC
9. Cleaning up
Ambil sampah dari kamar dan kamar mandi, buang sampah ke dalam kantong plastik yang ada di garbage humper pada trolley. Sebaiknya sampah dimasukkan ke dalam kantong plastik jika disediakan, Rapikan pakaian tamu dan gantung dengan rapi , dan biala ada baju tamu yang kotor masukkan pada laundry bag, gelas dan asbak yang kotor dicuci. Kalau ada alat-alat Room Service (Pelayanan makan dan minum di kamar) keluarkan dan letakkan di servis area, atau hubungi bagian “room service, melalui telepon.
10. Gathering solid linen
Lakukan proses striping bed dan semua inen – linen yang kotor dikumpulkan, seprey dikibaskan sehingga kalau ada barang barang tamu yang tertinggal langsung bias dilihat, bila ada linen yang robek masukkan dalam sarung bantal agar mudah dipisahkan nantinya, bawa semua linen yang kotor ke RBC dan tempatkan pada linen bag
11. Saving Step
Setelah linen linen kotor ditaruh di trolley pada linen bag, segera kembali dengan membawa linen yang bersih untuk kamar tidur,bawa gelas dan asbak yang kotor ke kamar mandi, pada saat yang sama ambil linen kotor dari kamar mandi serta keranjang sampah dari kamar tidur dan kamar mandi, bawa sampah dan linen ke trolley letakkan pada tempatnya dan saat kembali bawa peralatan untuk membersihkan kamar mandi yang biasnya sudah disusun pada Carry cady dan letakkan didalam kamar mandi
12. Making bed
Lakukan making bed sesuai dengan prosedur perusahaan dalam making bed
13. Enter the bath room
Masuk kamar mandi pertama lakukan flusing water pada toilet bowl, lalu cici glass dan ashtray yang kotor di wash basin dan biarkan kering, kemudian lakukan pembersihan alat sanitasi berikutnya yang diawali dengan
14. Cleaning a toilet bolw
Membersihkan toilet bowl yang meliputi, Inside toilet bowl, toilet bowl cover, toilet bowl seat, toilet bowl base, water tank in side and out side and water tap. Lakukan sesuai dengan prosedur perusahaan dalam membersihkan toilet bowl
15. Cleaning a bath tub
Bersihkan bak mandi, Mulailah dari shower kemudian dilanjutkan ke dinding dan akhirnya bak mandi (bath Tub). Bersihkan tirai mandi dengan alat dan bahan tersebut diatas. Kemudian bilas dengan air bersih. Bilas dan keringkan dengan dray cloth mulai dari “shower” dinding kamar mandi, bak mandi, tirai mandi, dan water tap. Kerjakan sesuai dengan standard perusahaan dalam membersihkan bath tub
16. Cleaning a wash basin
Bersihkan washbasin mulai dari wash basin table, inside wash basin, water tap and mirror, kerjakan seseuai dengan prosedur perusahaan dalam membersihkan wash basin
17. Cleaning a bath room floor
Lakukan proses mopping lantai kamar mandi sesuai dengan prosedur mopping, bawa carry cady ke trolley biarkan lantai kering, dan pada bersamaan bawa perlengkapan untuk Dusting ke kamar tamu
18. Dusting
Bersihkan debu baik dengan prosedur dusting maupun Damp dusting, lakukan searah jarum jam dan jangan lupa pada hidden place sambil memperhatikan perlengkapan tamu yang harus ditambah,kembalikan perlengkapan dusting ( Cady carry ) ke RBC
19. Restocking
Lengkapi guest supplies kamar tidur dan kamar mandi sesuai dengan standard hotel, sambil membawa peralatan untuk membersihkan lantai
20. Cleaning the floor
Lakukan proses Vacuuming bila lantai berkarpet dan proses moping bila lantai terbuat dari hard floor lakukan sesuai dengan prosedur vacuuming dan mopping yang sudah ditetapkan oleh perusahaan
21. Last checking
Bagian bagian yang herus di perhatikan dalam pemeriksaan terakhir adalah meliputi :
• Jendela tertutup, night curtain, dan glass curtain dalam posisi yang benar
• Pemanas terpasang kembali
• Sprei kasur terpasang dengan rapi
• Lampu nyala dan gambar telah bersih
• Penerangan berfungsi
• TV, radio, dan alat elektronik lain bekerja
• Bar kecil telah penuh
• Tidak ada noda di cermin atau permukaan benda
• Pintu tertutup
• Pintu bebas dari tanda jari
• Di bawah karpet dan sekitar perabot telah bersih
• Perabotan dalam posisi yang tepat
• Persediaan tamu telah terisi
• Tidak terdapat alat pembersih yang tertinggal di kamar
• Tempat sampah dan asbak dalam keadaan kosong dan bersih
• Alat – alat yang harus diperbaiki atau yang dibersihkan secara khusus harus dilaporkan
22. Tak a last look and deodring
Sebelum meninggalkan kamar, semprotkan penyegar dengan pewangi yang netral dengan cara berjalan mundur dimana roomboy sambil melihat sekeliling kamar apakah ada yang belum beres atau sudah, juga bathroom disemprotkan dengan pewangi tersebut, agar udara di dalam kamar stetap segar dan wangi. Sebelum pintu kamar ditutup kembalikan make up room sign pada tempat semula
23. Fill the room boy control sheet .
Catat semua perlengkapan yang ditaruh dikamar tidur maupun kamar mandi ke dalam room boy / maid control sheet serta dan pada lost and found bila menemukan barang tamu yang tertinggal
MEMBERSIHKAN DAN MENYIMPAN RBC
RBC setelah selesai dipergunakan harus kita bersihkan secara keseluruhan yaitu
- Ambil semua Cleaning equipment, guest supplies kembalikan pada tempatnya ( Pantry ) lalu kelompkkan sesuai dengan jenisnya
- Periksa kondisi troley secara menyeluruh
- Bersihkan semua bagian dari trolley dengan prosedur dusting maupum Damp dusting
- Letatakan RBC didalam pantry dengan rapi
MEMBERSIHKAN DAN MENYIMPAN CLEANING EQUIPMENT AND CLEANING AGENT
Semua alat dan bahan pembersih yang sangat banyak, dipergunakan setiap saat oleh karyawan yang cukup banyak. Agar supaya alat dan bahan pembersih itu dapat dipergunakan secara efektif maka perlu diadakan penggudangan yang teratur, baik oleh pihak pekerja maupun oleh pengawas atau penyelia. Tindakan kontrol yang baik adalah pada saat pengambilan, pemakaian, dan sebelum penyimpanan. Hal – hal yang perlu diperhatikan dalam kontrol dan penggudangan alat-alat dan bahan pembersih adalah sbb:
PENGGUDANGAN SAPU DAN SIKAT
• Kotoran yang melekat harus disikat
• Sikat dan sapu hendaknya digantung dan bulunya menghadap kebawah
• Disimpan dalam keadaan kering
• Sikat yang tidak bisa digantung harus ditengadahkan
PENGGUDANGAN ALAT PENAMPUNG (CONTAINER)
• Harus bersih dan kering
• Ditumpuk dengan rapi untuk menghemat tempat
PENGGUDANGAN LENA (LINEN)
• Harus bersih dan kering
• Dilipat dan diatur dengan rapih
• Dikelompokan menurut jenisnya
PENGGUDANGAN ALAT-ALAT PELINDUNG DAN PEMBANTU :
• Harus dalam keadaan bersih dan kering
• Diatur dengan rapi supaya tidak menggangu lalu lintas dan menghemat ruangan atau tempat.
PENGGUDANGAN VACUUM CLEANER
- Kabel digulung dengan rapid an bersihkan motor block
- Bersihkan penyaring debu
- Kantong debu harus diperiksa / dibersihkan kalau masih dapat digunakan pasang kembali
- Bersihkan vacuum cleaner container dengan air sabun, bilas dan keringkan
- Bersihkan seluruh attachment yang sudah di pakai dan simpan pada kantong plastic / ember agar tidak hilang
- Gulung pipa karet pengisap dan letakkan diatas motor block
- Bersihkan kabel lalu gulung dengan rapi di atas motor block
- Bersihkan water bell, motor block, container, Tongkat penghisap, pipa penghisap dan water sucker
- Simpan seluh peralatan di tempatnya
- Bersihkan seluruh bagian alat itu
- Kabel harus dililitakan dengan rapi
- Periksa seluruh komponennya
- Secara periodik diadakan pemeliharaan dan perbaikan
- Dikelompokan menurut jenisnya
- Ditempatkan pada tempat yang telah ditentukan
- Ditutup dengan ketat dan rapi
- Sebaiknya setiap tempat atau container berisi nama atau merk bahan pembersih yang ada didalamnya
- Perhatikan petunjuk-petunjuk tertentu (jangan ditaruh dengan korek api, jangan dibalik, disimpan yang teduh, ditutup engan rapat dsb)
- Mencatat semua alat dan bahan pembersih yang diambil pada “equipment and supplies daily control sheet”
- Mencatat supplies yang habis dalam melaksanakan tugas
- .Mencocokkan dan mencatat alat serta bahan pembersih sebelum menggudangkan atau menyimpan.
PENANGANAN HAL-HAL KHUSUS DI KAMAR (COTIGENCY SKILL)
Hal ini saya jelaskan contigensi skill dalam beberapa kasus yang sering di temukan oleh seorang roomboy
- Bagaimana cara yang tepat untuk mengidentifikasi status kamar tamu yang membutuhkan layanan pembersihan?Anda sebagai room boy / maid langkah awal apa yang harus anda lakukan agar semua Cleaning equipment and cleaning agent yang diperlukan dalam proses cleaning the room , tersedia?
- Tamu biasanya menginginkan suatu kenyamanan dan tidak mau terganggu atau mendenganr suara kebisingan selama beristirahat di dalam kamar bagaimanakan cara anda meminimalisasikan gangguan terhadap kebisingan dan kenyamanan tamu selama anda melaksanakan pembersihan kamar?
- Dalam melakukan pekerjaan sebagai room / boy / maid dituntuk mempunyai kejujuran hati yang tinggi, apa yang anda lakukan apabila menemukan barang milik tamu yang tertinggal di dalam kamar.?
- Barang barang di kamar hotel terdiri dari berbagai macam, bagaimana anda menindaklanjuti kerusakan-kerusakan barang atau perlengkapan yang terjadi di dalam kamar tamu?
- Apabila anda menemukan barang-barang atau kejadian-kejadian yang mencurigakan di dalam kamar tamu tindakan apa yang harus anda lakukan?
- Ketika anda membersihkan kamar, ada tamu mengetok pintu untuk meminta towel apa yang harus anda lakukan sebagai room boy / maid yang professional ?
- Anda membersihkan kamar yang ada tamunya, tamu meminta bantuan untuk memesan makanan atau minuaman apa yang anda lakukan ?
- Saat anda mengecek kamar anda melihat AC bocor apa yang anda lakukan ?
- Anda menemukan surat yang penting di baju tamu saat anda mengecek baju sebelum di cuci apa yang anda lakukan ?
- Anda seorang room attendance , ketika anda lagi memasukkan linen kotor ke trolley dan melihat seorang tamu keluar dari kamar ( C/O ) lalu anda mengecek kamar ternyata ada 2 buah towel yang tidak ada, tindakan apa yang anda lakukan ?
- Seorang Houseman sedang memvacuum carpet corridor kamar tamu, tiba – tiba seseorang tamu minta tolong untuk membelikan tiket pesawat, bagana anda menyelesaikan masalah ini ?
- Anda sebagai seorang Houseman bertugas di loby, ketika anda sedang kerja ada tamu C/I dengan banyak barang, pada saat itu tidak ada petugas selain anda, apa yang anda lakukan sebagaiseorang Hotelier?
- apa yang harus anda lakukan saat anda membersihkan kamar tamu tapi ada beberapa guest supplies / amenities tidak terdapat di trolley ?
Mempersiapkan kamar yang berisikan tamu pada malam hari oleh Room boy / maid disebut dengan istilah open the bed / turn down servce, biasanya mulai dikerjakan pada jam 18.00 WIB., sedangkan pekerjaan yang dilakukan adalah meliputi :
- Open the bed
- Merapikan dan membersihklan kembali kamar tamu baik kamar tidur maupun kamar mandi
- Meletakkan kamar khusus bagi tamu ( Cokelat, Bunga, dan kartu ucapan selamat tudur dari management
LINEN PARSTOCK
Parstock adalah jumlah linen yang di perlukan pada peredaran untuk menjaga agar kebtuhan linen sehari hari dapat berjalan dengan lancer. Dalam menetapkan parstock di housekeeping perlu memperhatikan hal hal :
Jumlah kamar
Jenis tempat tidur
Standard sheet
Average Room occupied
Sedangkan jumlah “par stock” lena di restoran tergantung kepada :
Berapa jumlah restoran yang dimiliki hotel.
Sering ada function/banquette.
Berapa jumlah tamu yang makan (restaurant occupancy).
Kesemua dari hal-hal tersebut di atas akan mempengaruhi perhitungan “par stock” lena,disampingitu apakah hotel meimiliki binatu sendiri atau dikirimkan ke binatu luar.kualitas umur dan lena juga dapat mempengaruhi par stock.
Par stock ini biasanya jumlah minimumnya adalah tiga par stock tapi ada kalanya suatu hotel memakai lima parstock.
Minimum par stock
Perhitungan 3 (tiga ) par stock untuk lena Housekeeping jumlah lena-lena tersebut diatur sebagai berikut :
• 1 par dipakai dikamar
• 1 Par di cuci di binatu (laundry)
• 1 par disimpan didalam almari (closet) masing-masing seksi (section).
Sedangkan untuk keperluan lena di restoran dalam perhitungan 3 (tiga) par stock adalah sebagai berikut :
• 1 par terpasang di masing-masing restoran
• 1 par di cuci di cuci di binatu (laundry)
• 1 par disimpan di dalam closetmasing-masing section.
Untuk napkin mengingat tingkat pemakaianya tinggi maka jumlah parstock harus lebih banyak. Maka posisi parstock adalah 4 di tambah 1 di simpan di general linen store, dngan pengaturan sebagai berikut :
• Di pakai di setiap section
• Di cuci
• Di station
• General store
CONTOH PERHITUNGAN LINEN PARSTOOK
T2C Hotel memiliki kamar sebagai berikut :
• Double room : 12
• Twin room : 34
• Suit room : 6
Managemen metapkan dengan 3 partstock dengan pemakaian linen 3 sheet dan 2 set towel, hitung persedian linen yang digunakan dalam merapikikan kamar tidur dan kamar mandi: ( Khusus bed Cover dan bed skirt 1.5 Partstock
Double sheet 12 + 6 x 3 x 3 =
Single sheet 34 x 3 x 3 =
Pillow case 34 + 6 x 2 x 3 =
Doble Bed cover 12 + 6 x 1 x 1.5 =
Single Bed cover 34 x 1 x 1.5 =
Doble Bed skirt 12 + 6 x 1 x 1.5 =
Single Bed skirt 34 x 1 x 1.5 =
Doble Bed pad 12 + 6 x 1 x 3 =
Single Bed pad 34 x 1 x 3 =
Bath towel 34 + 6 x 2 x 3 =
Hand towel 34 + 6 x 2 x 3 =
FaceTowel 34 + 6 x 2 x 3 =
Bad bed 34 + 6 x 1 x 3 =
Linen inventory adalah pengecekan atau perhitungan terhadap jumlah linen hotel yang seang beredar yang dilakukan secara rutin dan berkala, linen inventory dapat dilakukan secara
• Weakly inventory
• Monhly inventory
• Annual inventory
• Yearly Inventory
Dalam melakukan inventory maka perlu melihat keberadaan linen seperti
• Di setiap kamar /floor ( nventory linen of the floor form )
• Semua kamar
• Trolly
• Floor section / pantry
• Di laundry
• Linen bersih di laundry
• Linen bersih yang baru di terima
• Linen kotor yang ada di laundry yang belum di cuci
• Linen kotor yang belum di serahkan
Berdasarkan catata di atas Housekeeper akan menjumlahkan seluruhnya yang dinamakan Actual stock at stock taking, jumlah tersebut akan di catat pada kolm actual stock at stock taking pada form linen stock book
D. LAYANAN HK
• Equipment and form
• Computer
• Telephone
• White board
• Key drop
• HT
• Telphone directory
• Log book
• Lost & Found Form
• Lost & Found Book
• Work Order
• Pest Control Book
• MC Book
• Key Control Book
• Guest request item form
• Loan item form
• Miscelenouse charge
PERMINTAAN PENAMBAHAN ATAU PERPINDAHAN KAMAR
- Permintaan penambahan atau perpindahan kamar dicatat dalam OT log book: jam order taker, no kamar, jenis permintaan, pemberi order, penerima oorder, ketarangan
- Permintaan penambahan atau perpindahan kamar segera disampaikan ke petugas Front office melalui telepon atau alat komunikasi yang lain
- Pelaksanaan maupun administrasi penambahan atau perpindahan kamar akan dilaksanakan oleh petugas front office
- Guna meyakinkan kamar yang diminta dalam kondisi siap pakai (siap dijual) room attendant harus memeriksa ulang kondisi dari kamar tersebut
- Khusus untuk perpindahan kamar harus dicatat alasannya, dan kamar segera dibersihkan kembali.
PERMINTAAN GUEST SUPPLIES
• Facial Tissue
• Hotel Stationary
• Valet bag
• Hanger
• Prayer Rug
• Sarong
• Additional Sew
• Extra Pillow
• Pillow Foam
• Other Guest Room Supplies
• Other Bath room Supplies
PERMINTAAN PEMINJAMAN BARANG – BARANG HOTEL
• Iron
• Iron Board
• Adaptor
• Electric Socket / Plug
• Coffee Cattle
• Electric cable
• Hair dryer
• Baby cot
• Razor
• Prayer Rug / Mat
• Sarong
• Alqur’an
• Alkitab
Permintaan layanan Turn Down Service / Open the bed
Yaitu membersihkan kamar tamu pada sore hari oleh roomboy atau roommaid yang biasanya dimulai dikerjakan pada jam 18.00 WIB. Hal ini dilakukan karena pada waktu tersebut tamunya sudah selesai mandi dan tamunya akan pergi untuk makan malam, dengan tujuan agar kamar tersebut tetap segar pada malam hari sedangkan pekerjaan yang harus dilakukan adalah : Open the bed, Merapikan dan membersihkan kamar tamu baik kamar mandi maupun kamar tidur dan meletakkan tanda khusus bagi tamu ( Cokelat, Bunga, Dan kartu ucapan selamt tidur dari management )
Permintaan layanan Extra bed
Tempat tidur tambahan akan disiapkan oleh housekeeping bila diperlukan atau dipesan oleh tamu seperti :
• Tamu beserta keluarga yang tinggal dalam satu kamar
• Kamar Double atau Twin yang dihuni 3 orang
• Tamu rombongan yang terdiri dari tiga orang dan sepakat tinggal dalam satu kamar
Jenis – Jenis Extra bed
• Folding bed
• Standing extra bed
• Sofa bed
• Baby box / Baby cot / baby scrip
PERMINTAAN PEMBERSIHAN KAMAR (PERMINTAAN PEMBERSIHAN KAMAR BAIK YANG LANGSUNG DARI TAMU MAUPUN MELALUI FRONT OFFIC
- Hal yang harus dicatat order taker mencatat permintaan pelayanan pembersihan kamar ke dalam order taker log book
- Jam menerima order, no kamar, jenis order, asal order, dan nama room attendant yang menerima order
- Berdasarkan order tersebut room attendant segera datang dan membersihkan kamar bersangkutan
PENANGANAN LAYANAN KAMAR DON’T DISTURB
Pengertian, Adalah salah satu status kamar di hotel karena salah satu hal/kepentingan tamu yang ada di dalamnya maka tamu yang bersangkutan tidak mau diganggu (don’t disturb) berarti aktivitas penanganannya harus ditunda kerena tamu tidak mau diganggu
Bidang/Personil yang terlibat dalam penanganan kamar don’t disturb adalah:
• Room Attendant
• Floor/Room Supervisor
• Front Office
• Executive Housekeeper/ Assisstant
• Duty Manager/Chief Security
MENGATUR PERLENGKAPAN KAMAR UNTUK TAMU
Beberapa peralatan perlu disiapkan untuk tamu seperti tempat tidur tambahan, tempat tidur bayi, seterika dan meja seterika.Ketika mengirimkan barang, konfirmasikan dengan tamu di mana perlengkapan tersebut ingin diatur peletakannya. Jangan lupa menyebut nama tamu saat berbicara atau pada saat melayani tamu.
- Tempat tidur beroda / tempat tidur bayi (baby Cot):
- Letakkan tempat tidur dan buka lipatannya Sesuaikan letak perabotan jika posisinya menyulitkan tamu bergerak dengan aman
- Siapkan tempat tidur/ tempat tidur bayi sesuai standar yang telah ditentukan
- Seterika dan Meja seterika :
- Letakkan meja seterika, buka lipatannya dan atur dengan baik. Pastikan bahwa listrik tersedia di tempat yang diinginkan tamu.
- Sambungkan seterika pada listrik dan simpan pada tempat yang tepat di meja seterika tersebut.
- Informasikan pada tamu cara pemakaian seterika dan pengaturannya.
Penempatan Rankaian bunga di VIP Or Suites Room
Setiap tamu VIP yang tinggal di kamar suites atau kamar lainnya yang dianggpap penting oleh management harus di tempatkan rangkaian bunga , dengan prosedur sebagai berikut:
- Rangkaian bunga akan di order dengan menggunakan form yang dinamakanComplimentary / charge atau VIP Requisition Form yang dikeluarkan oleh front office
- Cek kesegaran dari bunga sebelum diletakkan di kamar dan semprot dengan air untuk menjaga kesegaran dan tempatkan pad tempat yang sudah sesuai dengan prosedur
- Laporkan ke supervisor jika bunga masih segar dan bawa ke housekeeping office
- Penempatan Rankaian bunga dan fruit basket di VIP Or Suites Room
- Setiap tamu VIP yang tinggal di kamar suites atau kamar lainnya yang dianggpap penting oleh management harus di tempatkan rangkaian bunga , dan fruit basket dan ditempatkan di coffee table
Beberapa standar keamanan dan keselamatan kerja yang perlu diperhatikan oleh petugas dalam melayani permintaan tamu :
- Pemilihan kualitas / identifikasi barang yang akan dipinjam oleh tamu, mengenai kondisi dari barang tersebut dalam keadaan layak pakai. Sehingga pada saat digunakan oleh tamu, tidak akan terjadi kemungkinan kecelakaan kerja atau hal-hal lain yang merugikan pemakai/ pengguna dan hotel
- Perhatikan cara/petunjuk penggunaan peralatan yang tercantum pada badan alat tersebut / brosur
- Perhatikan cara pengaturan dan peletakkan barang di kamar tamu, sehingga tidak mengganggu lalu lintas dan kenyamanan tamu
- Jangan lupa untuk memperhatikan batas waktu pemakaian yang telah disepakati, agar kualitas barang tetap terjaga kualitasnya dan untuk menghindari kelalaian pemakaian yang mengakibatkan kecelakaan kerja
- Penggunaan perangkat pelindung yang mendukung keselamatan pengguna, seperti alas kaki, sarung tangan karet, masker pelindung debu, alas kain, atau bahan luar yang melekat pada peralatan yang mengandung penghantar listirik tidak berbahaya pada saat pemakaian ( contoh : seterika ).
musikx ngeganggu tulisanx gak bisa di copy blog ini agak extrim
BalasHapuslengkap terimakasih banyak,,,,saya senang sekali
BalasHapusTerima kasih banyak:D
BalasHapusWahh ..ini sangat membantu saya untuk pertama psg ..terimaksih
BalasHapusterimakasih banyak!!sanggat membantu blog nya.:))
BalasHapusObat Aborsi
BalasHapusObat Aborsi Cytotec Asli
Jual Obat Telat Bulan
http://lapakobataborsi.com/
Jual Obat Aborsi Ampuh Cytotec Obat Penggugur Kandungan Janin
Obat Penggugur Kandungan
Obat Aborsi
Jual Obat Aborsi Cytotec Ampuh
http://lapakobataborsi.net/
Obat Aborsi
Obat Aborsi Asli
Jual Cytotec Obat Aborsi Ampuh Dan Tuntas
http://hokyshoop.com/
INFO Pemesanan Hubungi Kami
SMS : 0822 4236 1182 – WA : 0822 4236 1182
halo, saya ingin bertanya apa perbedaan guest supplies dan amenities? apakah sama atau berbeda? Terimakasih
BalasHapus