ROOM

A. SIKAP ROOM BOY ATAU MAID
 Yang dimaksud  dengan penampilan room  boy  / maid adalah penampilan dari segi fisik maupun mental yang dapat dipertanggung jawabkan perwujudannya, baik kepada tamu, atasan, maupun sesama karyawan dan sikap yang sopan, ramah dan siap melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab

B. PERALATAN KERJA DAN FORM
Room boy / maid  trolley cart
Room boy control sheet
Lost and found report
Lost and damage report
Maintenance report
Work order
Room boy report
Room key
Ball point
Block note
Linen supplies
Guest supplies
Cleaning equipment
Cleaning agent

C, BAGIAN BAGIAN DARI ROOM BOY TROLEY




BARANG-BARANG  YANG DIPERSIAPKAN DALAM ROOM BOY TROLLEY  CART  MELIPUTI :



LINEN SUPPLIES

Bed sheet

Pillow case / slip

Bath towel

Hand towel

Face towel
Bath mat /rag
Blanket
Duvet cover
Duvet Inner
Bed runner
Bath robe

GUEST  SUPPLIES
Bath soap
Bath foam
Hair shampoo
Tooth brush and paste
Tissue
Toilet paper
Shower cap
Sanitary  bag
Sanitary napkin
Shoe polish
Stationary  kit : 
Envelope
Writing Paper
Memo pad
Ball Point            
Guest comment slip
Hotel brochure
Hotel Postcard
Hotel sticker

OTHERS SUPPLIES  :
Laundry bag
Laundry list
Room service menu
Door knob menu
DD Sign
Make up room sign
Telephone tend card
TV / Video program
Map folder
Telephone directory

ROOM SUPPLIES 
Astray
Lamp
Drinking glass
Tooth brush glass

CLEANING EQUIPMENT
Carry Caddy
Toilet Bowl Brush
WRD Cloth
Sponge
Hand brush
Chamois
hand glove
Broom
MOP
Bottle Sprayer
Glass Wiper / Squeegees
Push Broom
Glass Washer
Dust pan
Vacuum cleaner

CLEANING AGENT
Glass cleaner
Toilet Bowl cleaner
Liquid soap
Metallic cleaner
MPC 
Deodorant /Air freshener
Wood polish
Antiseptic and disinfectant

D. PENGECEKAN KAMAR
  • Perhatikan  ada tanda Don’t Disturb Sign 
  • Mengetuk/mengebel dengan menyebut identitas.
  • Kamar kosong (vacant:) juga diperiksa apakah segala sesuatunya dalam keadaan baik dan komplit dan kalau kerusakan – kerusakan yang ditemukan, 
  • Kamar Check-out : diperiksa apakah ada barang-barang hotel yang terbawa oleh tamu atau apakah ada barang-barang tamu yang tertinggal, 
  • Kamar yang tamunya  ada didalam kamar, supaya tamunya tidak tersinggung, tanyakan  apakah ada Laundry/cucian yang akan  dikirim ke Laundry.
  • Kamar yang tamunya Sleep Out, laporkan kepada Floor Supervisor agar di Double Lock oleh Duty Manager.
  • Kamar yang ON/Occupied no luggage. Andaikan tidak ketemu sendiri sama tamunya, laporkan saja sebagai check out room.
E. MEMASUKI KAMAR
Untuk mendapatkan status kamar yang akurat maka room boy akan   . Tapi ada beberapa kamar yang tidak boleh dimasuki dimasuki antara lain :
  • Kamar yang memasang tanda DD ( Don’t disturb sign )
  • Kamar yang Double lock
Untuk memasuki kamar – kamar tamu harus mengikuti aturan yang sudah ditetapkan oleh management seperti :
  • Ketuklah pintu kamar dengan punggung jari, ketuk pintu kamar tamu jangan terlalu keras dan jangan terlalu lembut.
  • Ketuk pintu 3 kali, sambil menyebut identitas 
  • Jangan sesekali mengetuk pintu dengan kunci atau pulpen, 
  • Kalau tidak ada jawaban, ulangi lagi untuk yang kedua dan ketiga kalinya. 
  • Bila tidak ada jawaban juga, bukalah kamar dengan menggunakan pass key, bukalah pintu perlahan-lahan. 
  • Andai kata ada tamu yang tertidur tutuplah kembali pintu secara perlahan-lahan, bila ternyata tamunya tidak ada gantunglah tanda pramugraha ( Make up room sign ) pada pegangan/tombol pintu sebelah luar.
  • Apabila waktu anda mengetuk pintu ada jawaban dari tamu dan menyuruh anda masuk atau pintunya dibuka oleh tamu, sapalah tamu itu dengan sopan dan ramah. Kalau anda sudah mengetahui nama tamu tersebut sapalah dengan menyebut namanya. Lanjutkan dengan beberapa pertanyaan Contoh:Good morning Mr. Kienzz, Do you have any laundry this morning ? Or  everything all right in your room or Have you got any problem with you room
  • Dari percakapan singkat  dengan tamu atau dari pengamatan terhadap kamar tamu  akan diketahui kondisi atau status kamar tersebut, kemudian catat pada Room boy / maid Report dengan menggunakan code atau simbul Simbol atau kode tersebut pada umumnya hapir sama untuk semua hotel

F. STATUS KAMAR
V Vacant 
VC Vacant clean
VCI Vacant Clean Infection
VD Vacant dirty
O Occupied 
OD Occupied dirty 
OC Occupied Clean
EA Expected Arrival
ED Expected Departure
C / I Check in
C / OCheck Out
WIG Walk In Guest
DU Day use
DL Double Lock
OO Out of order
OS Out of service
VM Vacant Maintenance
DD Don’t Disturb
HU House Use
RE Resident of employe / Room of Employe
SO Sleep out
EB Extra bed
BCt Baby cot / Baby box
NB No Baggage / NL No luggage
SR Service refused
COMP Compliment
SKP Skipper

HOUSEKEEPING EXTRA ITEMS
Extra bed / Folding Bed / Rolling bed
Baby cot / Baby box
Iron & iron board
Con plug 
Reading lamp
Pillow foam

NUMBER OF PERSON
1 / 0      one person male
0 / 1      one person Female
1 / 1      Two person male and Female

G. JENIS TEMPAT TIDUR
Single bed             200 x 100  Cm
Twin Bed             200 x 100  Cm
Double Bed            200  x 160  CM
Queen Size bed     200  x 160  CM
King size bed         200  x 160  CM
Twin double bed  200  x 160  CM
Extra bed / folding bed / rolling bed 190  x  90  Cm
Baby Cot / Baby Crib 70  x 120  Cm
Hollywood bed 200  x  100 Cm
Studio bed              90 x   190  Cm
Hide -  away  bed -
Murphy bed   90  x  190  Cm
BAGIAN-BAGIAN TEMPAT TIDUR 
Bed Head / Head Board 
Spring Box
Mattress
Bed Wheel
Bed Leg

MEMILIH LINEN
Bed Room
Bed skirt ( Menjuntai ke bawah , kiri dan kanan serta bawah kurang lebih 30 CM )
Bed pad /  mattress Protector
Bed sheet
Blanket  ( Singgle bed 175 x 250 Cm dan double bed 228 x 250 Cm )
Pillow case /Slip dengan ukuran  50 x 76 Cm
Bed cover / bed Spread ( ukuran bed sedangkan bagian kanan dan kiri agar bias menutup               seluruh bed kurang lebih ditambah 40 cm, dan bagian atas ditambah kurang lebih 50 cm                 untuk membungkus / menutup semua bantal )
Duvet Inner
Duvet cover
Bed runner
        

Bath Room
Bath towel ( Bath towel berukuran 60 x 120 cm ) 
Hand Towel (Hand towel berukuran  50 x 100 cm)
Face Towel  (Face towel beruuran 30 x 45 cm )
Bath Mat / Bath rug (Bath mat /bath rug berukuran 60 x 90 cm )
Bath Robe

H. STRIPING THE BED 
Pillow cas ( pillow letakkan di atas kursi yang terdekat )
Buka top sheet ( lipat )
Buka Blanket   (Blanket letakkan di atas kursi yang terdekat ) 
Buka second sheet ( lipat )
Bukathird sheet( lipat )
Kalau dianggap perlu ganti Bed pad  dan lipat bed 
Ambil semua lena yang kotor bawa dan letakkan (linen humper) pada Room boy / Maid                   Trolley card bawa beberapa jenis handuk dan lena yang harus diganti.
Pada saat kembali ke kamar anda harus membawa sheet dan pillow cases serta towel sesuai           yang diperlukan untuk ditata.

I, MENATA TEMPAT TIDUR DENGAN MENGGUNAKAN 3  SHEET.
  • Secara berkala baliklah kasur sesuai dengan SOP 
  • Rapikan pelindung “bed pad/bed protector” atau mattress pad” 
  • Anda harus berdiri di  Top tempat tidur, hal dilakukan agar tidak membelakangi tamu atau   memudahkan menebarkan sheet (symmetries)
  • Tebar/pasang sheet pertama dengan baik  Garis lipatan atau setrika harus berada ditengah-  tengah tempat tidur
  • Lipatlah ujung sheet pertama pada bagian kepala tempat tidur dan bagian samping kanan     dan kiri yang terdekat dengan anda dengan membentuk sudut 30  sampai 40 derajat dengan  cara sebagai berikut  (
    Masukkan sheet bagian kepala kebawah kasur,
    Sheet di bagian kiri dan kanan masukkan kebawah kasur dan masing –   masing sudutnya diangkat keatas, bagian sheet yang tidak terangkat masukkan kebawah kasur,selanjutnya sudut sheet yang diangkat tadi dilepaskan dari pegangan dan masukkan kebawah kasur, demikian dikerjakan keempat sudut tempat tidur )
  • Pasang atau tebarkan sheet yang ke dua.  Jahitannya menghadap ke atas 
    Pasang atau lemparkan selimut diatas sheet  ke dua..
  • Pasang atau tebarkan sheet yang ke tiga.  Jahitannya menghadap ke bawah  ( 
    Lipat ujung bagian kepala  sheet kedua dan sheet ketiga dengan tekukan 15   cm dan dilipat kembali   sehingga menutup ujung selimut , 
    Masukkan sheet ke dua , selimut  dan sheet ketiga sepanjang sisi kanan dan kiri tempat tidur yang terdekat dengan diri anda. , 
    Pindah kebagian bawah tempat tidur, tarik sheet pertama, kedua  selimut  dan sheet ketiga agar rapi, kemudian sasukkan secara bersamaan kebawah kasur  
    Selanjutnya Sheet pertama, kedua, selimut dan ketiga bagian samping kiri dan kanan masukkan kebawah kasur secara bersamaan dengan membentuk sudt 30 sampai 40 derajat dengan cara yang samam seperti diatas
    Pasang sarung bantal dan bagian yang tersisa dilipat rapi dipasang dengan rapi )
  • Letakkan bantal pada tempatnya
  • Tutup tempat tidur dengan tutup tempat tidur atau “bed spread” atau “ bed cover” serta bantal ditutup sedemikian rupa sehingga kelihatan serasi
  • Dorong tempat tidur pada posisi yang benar
J. CARA MEMASANG DUVET  :
  • Letakkan Duvet diatas tempat tidur dari posisi samping tempat tidur
  • Lipat Duvet menjadi dua bagian atau tiga bagian
  • Pasang Duvet case / Cover ( Dalam keadaan jahitan terbalik ) ambil kedua sudut bagian bawah duvet case kemudian pertemukan dengan kedua sudut duvet
  • Pegang erat –erat kedua sudut tersebut dan masukkan duvet dengan cara dibentangkan sambil dikibaskan
  • Rapikan duvet  dengan cara melipat bagaian atas kepala tempat tidur menjadi 2 atau tiga lipatan agar kelihatan rapi
  • Letakkan bantal yang sudah dipasang dengan sarung bantal diatas tempat tidur


K. JENIS - JENIS KAMAR

Single Bedded Room (80 cm x 192 cm sampai 100 cm x 200 cm).
Double Bedded Room (135 cm x 200 cm sampai 150 cm x 200 cm)
Twin Bedded Room
Triple Bedded Room
Suite Room ( Living Room or Sitting Room or Par lour, bar dan dapur kecil ( Kitchenette ).

JENIS KAMAR DILIHAT DARI LOKASI / LETAK
Connecting Room
Adjoining Room
Adjacent Room
Cabana Room
Duplex Room

JENIS KAMAR DILIHAT DARI  UKURAN DAN KELENGKAPAN FASILITAS
Standard Room
Second Class Room
Superior Room
Deluxe Room
President Deluxe Room / Super deluxe

Perlengkapan kamar tidur
Bed
Night table / Side table
Night table lamp
Control panel
Wardrobe / cap board / Cloth cabinet
Luggage rack / baggage rack Baggage Bench
Dressing table / Writing table
Dressing table Chair
Dressing table Mirror
Coffee table chair
Coffee table
Balcony Chair
Balcony table
Body Mirror
Waste basket
Glass curtain
Night Curtain

Other room Equipment
Wardrobe lamp
Writing table lamp
Foot lamp
Ceiling lamp
Standing lamp
Wall mouth bed lamp
Refrigerator
Safety deposit box

Perlengkapan kamar tidur
Bath tub
Bath tub Drain  ( plug and chain )
Shower ( Head , Pipe, Handle )
Water tub hot and cold water
Bath towel rack
Bath soap dish / Holder
Safety handle
Shower curtain and hook
Toilet Bowl ( Seat, Cover  )
Water tank
Water flusher
Toilet paper holder / Box
Waste basket
Water tub hot and cold water
Wash basin Drain ( Plug and Chain )
Wash basin
Wash basin mirror
Wash basin table
Facial tissue dispenser
Hand towel rack
Bottle opener
Hook
Razor blade container

MELENGKAPI GUEST SUPPLIES KAMAR TIDUR

GUEST ROOM SUPPLIES
Guest room supplies   tidak bisa dibawa pulang
Coffee  tea set
Don’t disturb sign
Door knob menu
Drinking glass
Fountain pen
Glass cover
Guest notice
Hanger
Hotel directory
Magazine
Make up room sign
Mini bar
Room service menu
Shoe spoon
Slipper
Stationary holder / Map holder
Telephone directory
Tray  ( Drinking glass and water pitcher )
Turn down service sign
Bath mat
Bath robe
Bath towel
Disposal bag
Face towel
Hair dryer
Hand towel
Kleenex tissue Box
Toilet paper Box
Tooth Glass
Waste basket

GUEST ROOM  GIVEAWAY
  bisa dibawa pulang:
Ballpoint
Ballpoint
Dray cleaning list
Envelope
Facsimile form
Glass cover
Guest comment / Suggestion form
Hotel Postcard
Laundry bag
Laundry list
Matches
Memo pad
Mini bar list
Pressing list
Sewing kit
Shoe shine paper / Sponge / Shoe mitts
Shoe spoon
Sticker
Telephone directory
Writing paper
Bath foam
Bath soap
Comp
Conditioner
Cotton bud
Disposal bag
Hand towel
Kleenex tissue
Sanitary paper band / Toilet Seat band
Shampoo
Shower cap
Toilet paper
Tooth brush
Tooth Glass cover
Tooth paste

   Disamping barang – barang giveaway diatas Giveaway dapat berupa :

Hotel Calendar
T – Shirt
Key tag
Bag
Dll

STANDARD PENEMPATAN GUEST SUPPLIES KAMAR TIDUR

bed room
Door Knob
1 Door knob menu
1 Do not disturb sign
1 Make up room sign
1Turd Down service sign

Wardrobe/cupboard
8 Hanger
2 Shoes shine
4  Laundry bag
4 Laundry list
4 Dry cleaning list
4 Pressing list
2 Extra pillow ( Di rack bagian atas , lengkap dan dibungkus plastic )
1 Safe deposit box

Dressing table
Bagian atas
1 Ashtray  and matches
1 Room service menu
1 Video and music program
1 Tray ( Dringking glass and Water jug )
1 Coffee or tea set / Cattle

Bagian laci
1 Stationary holder yang berisi :
1 Hotel Brochure
4 Guest stationeries,
2 Hotel postcard
1 Rate sheet
3 Envelope
4 Writing paper
1 Ballpoint
2 Facsimile form
2 Sticker
1 Guest comment slip
1 Sewing kit

Night Table / Side table
 Bagian atas
1 Ashtray and matches
1 Memo pad
1 BallPoint
1 Telephone Tend card
2 Message form
Bagian  bawah
1 Hotel directory
1 Telephone directory
1 Hotel Magazine
1 Kitab suci

Coffee table 
1 Matches
1 Ashtray

Balcony  table 
1 Matches
1  Ashtray

Bath  room
2 Bath towel
2 Hand towel
2 Face towel
1 Bath mat
2 Bath soap
2 Bath foam
2 Hair Shampoo
2 Conditioner
2 Tooth brush
2 Tooth paste
2 Shower cap
2 Toilet tissue
2 Face tissue
2 Sanitary bag
2 Slipper
1 ashtray and matches
1 Waste basket
2 Tooth glass

PROSEDUR MEMBERSIHKAN PERLENGKAPAN KAMAR TIDUR
Agar semua perlengkapan benar-benar bersih, maka dalam kegiatan pembersihan  dilakukan  urut-urutan  atau perputaran gerakan  pembersihan biasanya searah dengan jarum jam (clockwise  atau un clock wise).
Dusting
Damp dusting
Polishing
Glass wiping


ALAT DAN BAHAN PEMBERSIH YANG DIPERLUKAN 


CLEANING EQUIPMENT
Soft cloth
Dust cloth
Cotton cloth
WRD ( wash, rinse, dry Cloth )
Pail
Chamois
Glass cloth
Glass squeezes
Bottle sprayer

CLEANING AGENT
Wooden polish
Glass cleaner
Metal polish

TEKNIK DAN PROSEDUR PEMBERSIHAN 
Pindahkan atau geser barang-barang yang ada diatas meja (furniture) dengan teratur, supaya mudah diletakkan kembali ketempat/posisi  semula, Lipatlah lap itu dengan rapi.  Bersihkan semua perabotan kamar.  Agar tidak ada bagian yang terlupakan atau terlewatkan, lakukan dengan cara yang teratur atau berurutan.  Mulailah mengerjakannya dari serambi kamar atau tempat lain yang telah ditentukan, kemudian dilakukan dengan urut-urutan atau berputar sesuai dengan arah jarum jam. ( clock wise )
Secara berkala parabotan ini perlu juga disemir dengan semir perabotan rumah atau furniture polish.  Bila perlu lakukan pembersihan dengan lap lembab bila kotoran tersebut sudah lengket pada permukaan.  Perhatikan pada bagian yang sekecil-kecilnya, antara lain laci, meja, bola lampu.  Jangan lupa membersihkan bagian bawah alat-alat yang bisa diangkat seperti lampu duduk dsb.
Setelah semuanya bersih dari debu, taruh lap lembut tadi pada tempatnya, kemudiann ambil perlengkapan dan bahan pembersih kaca untuk membersihkan kaca jendela, pintu, cermin dengan metoda yang benar.  Teknik pembersihan kaca atau cermin ini disebut glasses wipping.      

 HAL-HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM TEKNIK DAN PROSEDUR PEMBERSIHAN
  • Hematlah langkah dalam kegiatan ini, untuk itu taruh alat dan bahan pembersih yang diperlukan di Cleaning box 
  • Furniture yang lainya dilindungi dengan logam/besi diberi alas dari plastik/karton agar tidak meninggalkan noda bekas karat
  • Sambil mendusting anda sambil memeriksa kelengkapan-kelengkapan guest supplies yang sudah terpakai/ kurang untuk diganti pada saat anda melengkapi guest supplies
  • Perhatikan ( Hidden Place ) seperti dibawah telephone, tend card, Table lamp dan lain lainya
MEMBERSIHKAN LANTAI KAMAR TIDUR 
Perhatikan arah darimana pertama kali membersihkan lantai.  Ambillah tempat yang terjauh dari pintu  dahulu. Jangan lupa bersihkan sudut-sudut  dan kolong-kolong sekaligus untuk melihat apakah ada barang-barang kecil milik tamu yang terjatuh.
Lantai permadani (karpet dibersihkan dengan penyapu permadani atau “Box Sweeper”/ push broom dan alat penghisap debu “Vacuum Cleaner”
 Jenis lantai yang lain dibersihkan dengan cara menyapu dan mengepel (damp sweeping atau mopping).  Setelah dilakukan pekerjaan membersihkan kamar mandi, ambillah perlengkapan menyapu, yakni sapu dan penampung sampah atau “dust pan”.   Bersihkan lantai dari serambi, dan diteruskan di dalam kamar dan terakhir pada pintu masuk.  Jangan lupa menyapu di tempat yang tersembunyi seperti dibawah meja, dibalik pintu dll.

PROSEDUR MEMBERSIHKAN PERLENGKAPAN   BATH  ROOM
Pada mumnya alat-alat sanitasi yang ada di kamar mandi ialah:
Toilet bowl
Bath tub
Wash basin
Floor
Disamping alat-alat tersebut kadang-kadang dilengkapi juga dengan “bidet” yang fungsinya sama dengan jamban, yang biasanya dipakai khusus untuk wanita.

CLEANING EQUIPMENT AND CLEANING AGENT
Cady carry
Sponge
Toiled bowl brush
Glass Cloth
WRD
Mop / Floor cloth
Glass squeezes
Glass cleaner
Toilet Bowl Cleaner
Liquid soap
MPC
Metal  cleaner
Deodorant

PROSEDUR MEMBERSIHKAN TOILET BOWL
  • Semburkan “Flusing”  air pada jamban atau “toilet bowl” menghanyutkan/ membuang  bila ada kotoran tertinggal didalamnya. 
  • Kemudian tuangkan bahan pembersih toilet bowl cleaner (disinsfectant), biarkan beberapa saat sambil menunggu obatnya bereaksi, 
  • Sikat dan bersihkan Toilel bowl cover, tolet bowl seat dengan menggunakan sponge
  • Sikat dan bersihkan bagian dalam dari toilet bowl dengan toilet bowl brush, lakukan sampai bersih lalu lakukan flushing
  • Gosok bagian bawah dan luar toilet bowl dengan menggunakan sponge dan MPC hingga lelihatan bersih
  • Bilas  dengan air dan keringkan dengan dray cloth
  • Bersihkan  bagian dari kran atau perlengkapan lain yang terbuat dari logam dengan menggunakan Metal cleaner
  • Gosok dan bersihkan bagian dalam dan luar dari water tank bilas dan keringkan dengan dray cloth
  • Setelah selesai semua bagian di bersihkan bilas semua dengan  rinse cloth dan keringkan dengan dray cloth
Flusing, Pouring chemical,, brush toilet bowl cove, Brush inside toilet bowl, brush , brush Bottom part of toilet bowl, bilas dan keringkan, bersihkan bagian lur dai water tank

PROSEDUR MEMBERSIHKAN BATH TUB
  • Lipat shower curtai keatas atau gantungkan ke curtain hook terlebih dahulu agar tidak terganggu saat bekerja 
  • Bersihkan pancuran atau “shower” dengan Metal Cleaner kemudian dilanjutkan ke dinding serta soap dish  dengan menggunakan MPC
  • Siram bath tub dengan air dan MPC
  • Gosok bath tub dengan menggunakan sponge hingga bersih atau tidak ada lagi kotoran yang nempel pada bath tub
  • Siram bath tub dengan air bersih
  • Bersihkan juga bagian pojok dan sekeliling dari bath tub yang hitam dengan menggunakan hand brush sampai bersih termasuk bagian dinding luar dari bath tub
  • Cuci Shower curtain bagian bawah lalu bilas dan keringkan 
  • Setelah selesai  sumua bagian bilas dengan rinse cloth dan keringkan dengan dray cloth 
  • Kembalikan shower curtain pada posisi semula   
PROSEDUR MEMBERSIHKAN  WASH BASIN
  • Cuci glass dan a ashtray  lalu bilas dan keringkan dengan glass cloth
  • Bersihkan  Wash basin table  secara keseluruhan dengan sponge dan MPC
  • Cuci dan bersihkan kran – kran air dengan menggunakan Metal cleaner sampai  bersih dan keringkan
  • Bersihkan bagian dalam dari wash basin, siram dengan air kemudian beri obat MPC lalu bersihkan dengan sponge  bilas dan keringkan dengan dray cloth
  • Setelah selesai semua bagian bilas dengan rinse cloth dan keringkan dengan dray cloth
  • Bersihkan Kaca / cermin  sesuai dengan prosedur yang berlaku di perusahaa
  • Wash basin table, kran air, bagian dalam wash basin, kaca
PROSEDUR MEMBERSIHKAN  LANTAI KAMAR MANDI
Sapu lantai kamar mandi, pel dengan menggunakan mop  sesuai dengan prosedur dari arah terjauh dan berakhir di pintu masuk kamar mandi

URUTAN ATAU LANGKAH – LANGKAH  MENYIAPKAN KAMAR ( II )

1. Personal preparation
Sebelum mulai bekerja harus :
Berpenampilan rapid an bersih
Mengenakan seragan  yang  lengkap besih dan rapi sesuai dengan standard perusahaan
Tidak boleh menggunakan lipstic dan perhiasan yamh berlebihan
Menjaga Kebersihan tangan, kaki, badan tidak berbau, kuku tidak diperbolehkan panjang

2. Preparing trolley
Persiapkan trolley untuk membawa perlengkapan untuk membersihkan kamar dan yakinkan bahwa trolley dalam keadaan bersih atau sudah di dusting, perlengkapan tersebut meliputi :
Guest supplies
Cleaning equipment
Cleaning Agent
Linen supplies
Other Supplies
Form Housekeeping

3. Push the trolley
Dorong trolley ke depan kamar yang akan di bersihkan  dengan trolley menghadap ke kamar yang akan di bersihkan dan jangan menempatkan trolley melintang di corridor

4. Entering the room
Ketuklah pintu kamar dengan punggung jari, ketuk jangan terlalu keras dan jangan terlalu lembut.  Ketuk pintu 3 kali, atau tekan bel bila hotel menggunakan bel 3 x sambil menyebut identitas diri atau departemen anda Contoh Room boy please or Housekeeping please ! Jangan sesekali mengetuk pintu dengan kunci atau pulpen, agar supaya pintu itu tidak ternoda atau lecet. Lalu gantungkan tanda Make up room sign di  pegangan pintu dan biarkan pintu terbuka

5. Turn on every light
Nyalakan lampu kamar untuk memastikan apakah ada lampu yang rusak atau tidak, bila ada Laporkan atau catat. Periksa semua perlengkapan yang lain seperti TV, AC, Refrigerator, dll  catat  dan laporkan kalau ada kerusakan.

6. Take  a good look
Periksa sekeliling kamar tamu terutama pada kamar yang baru C/O apakah  ada barang tamu yang tertinggal atau barang yang rusak jika ada laporkan ke supervisor

7. Open the window draperies / Curtain
Buka curtain lebar lebar agar ada sinar matahari masuk

8. Open the window
Buka jendela kamar / pintu serambi kamar agar udara berganti dengan udara yang bersih, lalu matikan lampu dan AC

9. Cleaning up
Ambil sampah dari kamar dan kamar mandi, buang sampah ke dalam kantong plastik yang ada di garbage humper pada trolley.  Sebaiknya sampah dimasukkan ke dalam kantong plastik jika disediakan, Rapikan pakaian tamu dan gantung dengan rapi , dan biala ada baju tamu yang kotor masukkan pada laundry bag, gelas dan asbak yang kotor dicuci. Kalau ada alat-alat Room Service (Pelayanan makan dan minum di kamar) keluarkan dan letakkan di servis area, atau  hubungi bagian “room service, melalui telepon.

10. Gathering solid linen
Lakukan proses striping bed dan  semua inen – linen yang kotor dikumpulkan, seprey dikibaskan sehingga kalau ada barang barang tamu yang tertinggal langsung bias dilihat, bila ada linen yang robek masukkan dalam  sarung bantal agar mudah dipisahkan nantinya, bawa semua linen yang kotor ke RBC dan tempatkan pada linen bag

11. Saving Step 
Setelah linen linen kotor ditaruh di trolley pada linen bag, segera kembali dengan membawa linen yang bersih untuk kamar tidur,bawa gelas dan asbak yang kotor  ke kamar mandi, pada saat yang sama ambil linen kotor dari kamar mandi serta keranjang sampah dari kamar tidur dan kamar mandi, bawa sampah dan linen  ke trolley  letakkan pada tempatnya dan saat kembali bawa peralatan untuk membersihkan kamar mandi yang biasnya sudah disusun pada Carry cady dan letakkan didalam kamar mandi

12. Making bed
Lakukan making bed sesuai dengan prosedur perusahaan dalam making bed

13. Enter the bath room
Masuk kamar mandi  pertama lakukan flusing water pada toilet bowl, lalu cici glass dan ashtray yang kotor di wash basin dan biarkan kering, kemudian lakukan pembersihan alat sanitasi berikutnya yang diawali dengan

14. Cleaning a  toilet bolw
Membersihkan toilet bowl yang meliputi, Inside toilet bowl, toilet  bowl cover, toilet bowl seat, toilet bowl base, water tank in side and out side and water tap. Lakukan sesuai dengan prosedur perusahaan dalam membersihkan toilet bowl

15. Cleaning a bath tub 
Bersihkan bak mandi, Mulailah dari shower kemudian dilanjutkan ke dinding dan akhirnya bak  mandi (bath Tub). Bersihkan tirai mandi dengan alat dan bahan tersebut diatas.  Kemudian bilas dengan air bersih. Bilas dan keringkan  dengan dray cloth mulai dari  “shower” dinding kamar mandi, bak mandi, tirai mandi, dan  water tap. Kerjakan sesuai dengan standard perusahaan  dalam membersihkan bath tub

16. Cleaning a wash basin
Bersihkan washbasin mulai dari wash basin table, inside wash basin, water tap and mirror, kerjakan seseuai dengan prosedur perusahaan dalam membersihkan wash basin

17. Cleaning a  bath room floor
Lakukan proses   mopping lantai kamar mandi sesuai dengan prosedur mopping, bawa carry cady ke trolley  biarkan lantai kering, dan pada bersamaan bawa perlengkapan untuk Dusting ke kamar tamu

18. Dusting
Bersihkan debu  baik dengan prosedur dusting maupun Damp dusting, lakukan searah jarum jam dan jangan lupa pada hidden place sambil memperhatikan perlengkapan tamu yang harus ditambah,kembalikan perlengkapan dusting ( Cady carry ) ke RBC

19. Restocking
Lengkapi guest supplies kamar tidur dan kamar mandi sesuai dengan standard hotel, sambil membawa peralatan untuk membersihkan lantai

20. Cleaning the floor
Lakukan proses Vacuuming bila lantai berkarpet dan proses moping bila lantai terbuat dari hard floor lakukan sesuai dengan prosedur vacuuming dan mopping yang sudah ditetapkan oleh perusahaan

21. Last checking 
Bagian bagian yang herus di perhatikan dalam pemeriksaan terakhir adalah meliputi :
Jendela tertutup, night curtain, dan glass curtain dalam posisi yang benar
Pemanas terpasang kembali
Sprei kasur terpasang dengan rapi
Lampu nyala dan gambar telah bersih
Penerangan berfungsi
TV, radio, dan alat elektronik lain bekerja
Bar kecil telah penuh
Tidak ada noda di cermin atau permukaan benda
Pintu tertutup
Pintu bebas dari tanda jari
Di bawah karpet dan sekitar perabot telah bersih
Perabotan dalam posisi yang tepat
Persediaan tamu telah terisi
Tidak terdapat alat pembersih yang tertinggal di kamar
Tempat sampah dan asbak dalam keadaan kosong dan bersih
Alat – alat yang harus diperbaiki atau yang dibersihkan secara khusus harus dilaporkan

22. Tak a last look and deodring 
Sebelum meninggalkan kamar, semprotkan penyegar dengan pewangi yang netral dengan cara  berjalan mundur  dimana roomboy sambil melihat sekeliling kamar apakah ada yang belum beres atau sudah,  juga bathroom disemprotkan dengan pewangi tersebut, agar udara di dalam kamar stetap segar dan wangi. Sebelum pintu kamar ditutup kembalikan make up room sign pada tempat semula

23. Fill the room boy control sheet .
Catat semua perlengkapan yang ditaruh dikamar tidur maupun kamar mandi ke dalam room boy / maid control sheet serta dan pada lost and found bila menemukan barang tamu yang tertinggal

MEMBERSIHKAN DAN MENYIMPAN  RBC

  RBC setelah  selesai dipergunakan harus kita bersihkan secara keseluruhan yaitu 
  • Ambil semua Cleaning equipment, guest supplies kembalikan pada tempatnya ( Pantry ) lalu kelompkkan  sesuai dengan jenisnya 
  • Periksa  kondisi troley secara menyeluruh
  • Bersihkan semua bagian dari trolley dengan prosedur dusting maupum Damp dusting 
  • Letatakan  RBC didalam pantry dengan rapi 

MEMBERSIHKAN DAN MENYIMPAN  CLEANING EQUIPMENT AND CLEANING AGENT

Semua alat dan bahan pembersih yang sangat banyak, dipergunakan setiap saat oleh karyawan yang cukup banyak. Agar supaya alat dan bahan pembersih itu dapat dipergunakan secara efektif maka perlu diadakan  penggudangan  yang teratur, baik oleh pihak pekerja maupun oleh pengawas atau penyelia. Tindakan  kontrol yang baik adalah pada saat pengambilan, pemakaian, dan sebelum penyimpanan. Hal – hal yang perlu diperhatikan dalam kontrol dan penggudangan alat-alat dan bahan pembersih adalah sbb:

PENGGUDANGAN SAPU DAN SIKAT
Kotoran yang melekat harus disikat
Sikat dan sapu hendaknya digantung dan bulunya menghadap kebawah
Disimpan dalam keadaan kering
Sikat yang tidak bisa digantung  harus ditengadahkan

PENGGUDANGAN ALAT PENAMPUNG (CONTAINER)
Harus bersih dan kering
Ditumpuk dengan rapi untuk menghemat tempat

PENGGUDANGAN LENA (LINEN)
Harus bersih dan kering
Dilipat dan diatur dengan rapih
Dikelompokan menurut jenisnya

PENGGUDANGAN ALAT-ALAT PELINDUNG DAN PEMBANTU :
Harus dalam keadaan bersih dan kering
Diatur dengan rapi supaya tidak menggangu lalu lintas dan menghemat ruangan atau tempat.

PENGGUDANGAN VACUUM CLEANER
  • Kabel digulung dengan rapid an bersihkan motor block
  • Bersihkan penyaring debu
  • Kantong debu harus diperiksa / dibersihkan kalau masih dapat digunakan pasang kembali
  • Bersihkan vacuum cleaner container dengan air sabun, bilas dan keringkan
  • Bersihkan seluruh attachment yang sudah di pakai dan simpan pada kantong plastic / ember agar tidak hilang
  • Gulung pipa karet pengisap dan letakkan diatas motor block 
PENGGUDANGAN  WET AND DRY VACUUM CLEANER 
  • Bersihkan kabel lalu gulung dengan rapi di atas motor block
  • Bersihkan water bell, motor block, container, Tongkat penghisap, pipa penghisap dan water sucker
  • Simpan seluh peralatan di tempatnya 
  • Bersihkan seluruh bagian alat itu
  • Kabel harus dililitakan dengan rapi
  • Periksa seluruh komponennya
  • Secara periodik diadakan pemeliharaan dan perbaikan
PENGGUDANGAN ALAT BAHAN PEMBERSIH
  • Dikelompokan menurut jenisnya 
  • Ditempatkan pada tempat yang telah ditentukan
  • Ditutup dengan ketat dan rapi
  • Sebaiknya setiap tempat atau container berisi nama atau merk bahan pembersih yang ada didalamnya
  • Perhatikan petunjuk-petunjuk tertentu (jangan ditaruh dengan korek api, jangan dibalik, disimpan yang teduh, ditutup engan rapat dsb)
Cara penggudangan yang baik tindakan yang dilakukan untuk mencegah hilangnya alat dan bahan pembersih dalam kegiatan sehari-hari:
  • Mencatat semua alat dan bahan pembersih yang diambil pada “equipment and supplies daily control sheet”
  • Mencatat supplies yang habis dalam melaksanakan tugas
  • .Mencocokkan dan mencatat alat serta bahan pembersih sebelum menggudangkan atau menyimpan.

PENANGANAN HAL-HAL KHUSUS DI KAMAR (COTIGENCY SKILL)

Hal ini saya jelaskan contigensi skill  dalam beberapa kasus yang sering di temukan oleh seorang roomboy
  • Bagaimana cara yang tepat untuk mengidentifikasi status kamar tamu yang membutuhkan layanan pembersihan?
    Anda sebagai room boy / maid langkah awal apa yang harus anda lakukan  agar semua Cleaning equipment and cleaning agent  yang diperlukan dalam proses cleaning the room , tersedia? 
  • Tamu biasanya menginginkan suatu kenyamanan dan tidak mau terganggu atau mendenganr suara kebisingan selama beristirahat di dalam kamar bagaimanakan cara anda  meminimalisasikan gangguan terhadap kebisingan dan kenyamanan tamu selama anda melaksanakan pembersihan kamar?
  • Dalam melakukan pekerjaan sebagai room / boy / maid dituntuk mempunyai  kejujuran hati yang tinggi, apa yang anda lakukan  apabila menemukan barang milik tamu yang tertinggal di dalam kamar.?
  • Barang barang di kamar hotel terdiri dari berbagai macam, bagaimana anda menindaklanjuti kerusakan-kerusakan barang atau perlengkapan yang terjadi di dalam kamar tamu? 
  • Apabila anda menemukan barang-barang atau kejadian-kejadian yang mencurigakan di dalam kamar tamu tindakan apa yang harus anda lakukan?
  • Ketika anda membersihkan kamar, ada tamu mengetok pintu untuk meminta towel apa yang harus anda lakukan sebagai room boy / maid yang professional ?
  • Anda membersihkan kamar yang ada tamunya, tamu meminta bantuan untuk memesan makanan atau minuaman apa yang anda lakukan ?
  • Saat anda mengecek kamar anda melihat  AC bocor  apa yang anda lakukan ?
  • Anda menemukan surat yang penting di baju tamu saat  anda mengecek baju sebelum di cuci apa yang anda lakukan ?
  • Anda seorang room attendance , ketika anda lagi memasukkan linen kotor ke trolley dan melihat seorang tamu  keluar dari kamar ( C/O ) lalu anda mengecek kamar ternyata ada 2 buah towel yang tidak ada, tindakan apa yang anda lakukan ?
  • Seorang Houseman sedang memvacuum carpet corridor kamar tamu, tiba – tiba seseorang tamu minta tolong untuk membelikan tiket pesawat, bagana anda menyelesaikan masalah ini ?
  • Anda sebagai seorang Houseman bertugas di loby, ketika anda sedang kerja ada tamu C/I dengan banyak barang, pada saat itu tidak ada petugas selain anda, apa yang anda lakukan sebagaiseorang Hotelier?
  • apa yang harus anda lakukan saat anda membersihkan kamar tamu tapi ada beberapa guest supplies / amenities tidak terdapat di trolley ?
PREPARING  A ROOM FOR THE NIGHT  
 Mempersiapkan kamar yang berisikan tamu pada malam hari oleh Room boy / maid disebut dengan istilah open the bed / turn down servce, biasanya mulai  dikerjakan pada jam 18.00 WIB., sedangkan pekerjaan yang dilakukan adalah meliputi :
  • Open the bed
  • Merapikan  dan membersihklan kembali  kamar tamu baik kamar tidur maupun kamar mandi
  • Meletakkan kamar khusus bagi tamu (  Cokelat, Bunga, dan kartu ucapan selamat tudur dari management
LINEN PARSTOK AND LINEN INVENTORY

LINEN PARSTOCK
Parstock adalah jumlah linen yang di perlukan pada peredaran untuk menjaga agar kebtuhan linen sehari hari dapat berjalan dengan lancer. Dalam menetapkan parstock di housekeeping perlu memperhatikan hal hal :
Jumlah kamar
Jenis tempat tidur
Standard sheet
Average Room occupied
Sedangkan jumlah “par stock” lena di restoran tergantung kepada :
Berapa jumlah restoran yang dimiliki hotel.
Sering ada function/banquette.
Berapa jumlah tamu yang makan (restaurant occupancy).
Kesemua dari hal-hal tersebut di atas akan mempengaruhi perhitungan “par stock” lena,disampingitu apakah hotel meimiliki binatu sendiri atau dikirimkan ke binatu luar.kualitas umur dan lena juga dapat mempengaruhi par stock.
Par stock ini biasanya jumlah minimumnya adalah tiga par stock tapi ada kalanya suatu hotel memakai lima parstock.
Minimum par stock
Perhitungan 3 (tiga ) par stock untuk lena Housekeeping jumlah lena-lena tersebut diatur sebagai berikut :
1 par dipakai dikamar
1 Par di cuci di binatu (laundry)
1 par disimpan didalam almari (closet) masing-masing seksi (section).
Sedangkan untuk keperluan lena di restoran dalam perhitungan 3 (tiga) par stock adalah sebagai berikut :
1 par terpasang di masing-masing restoran
1 par di cuci di cuci di binatu  (laundry)
1 par disimpan di dalam closetmasing-masing section.
Untuk  napkin mengingat tingkat pemakaianya tinggi  maka jumlah parstock harus lebih banyak. Maka posisi parstock adalah 4 di tambah 1 di simpan di general linen store, dngan pengaturan sebagai berikut :
Di pakai di  setiap section
Di cuci
Di station
General store

 CONTOH PERHITUNGAN LINEN PARSTOOK

T2C  Hotel memiliki kamar sebagai berikut :
Double room         : 12
Twin room : 34
Suit room :  6
Managemen metapkan dengan 3 partstock dengan pemakaian linen 3 sheet dan 2 set towel, hitung persedian linen yang digunakan dalam merapikikan kamar tidur dan kamar mandi: ( Khusus bed Cover dan bed skirt 1.5 Partstock
Double sheet 12 + 6 x 3 x 3 =
Single sheet 34 x 3 x 3 =
Pillow case 34 + 6 x 2 x 3 =
Doble Bed cover 12 + 6 x 1 x 1.5 =
Single Bed cover 34 x 1 x 1.5 =
Doble Bed skirt 12 + 6 x 1 x 1.5       =
Single Bed skirt 34 x 1 x 1.5         =
Doble Bed pad 12 + 6 x 1 x 3 =
Single Bed pad 34 x 1 x 3         =
Bath towel                       34 + 6 x 2 x 3 =
Hand towel 34 + 6 x 2 x 3 =
FaceTowel 34 + 6 x 2 x 3 =
Bad bed          34 + 6 x 1 x 3 =

Linen inventory adalah pengecekan atau perhitungan terhadap jumlah linen hotel yang seang beredar yang dilakukan secara rutin dan berkala, linen inventory dapat dilakukan secara
Weakly inventory
Monhly inventory
Annual inventory
Yearly Inventory
Dalam melakukan inventory maka perlu melihat keberadaan linen seperti
Di setiap kamar /floor ( nventory  linen of  the floor form )
Semua kamar
Trolly
Floor section / pantry
Di laundry
Linen bersih di laundry
Linen bersih yang baru di terima
Linen kotor yang ada di laundry yang belum di cuci
Linen kotor yang belum di serahkan
Berdasarkan catata di atas Housekeeper akan menjumlahkan seluruhnya yang dinamakan Actual stock at stock taking, jumlah tersebut akan di catat pada kolm actual stock  at stock taking pada form linen stock book


D. LAYANAN HK
Equipment and form
Computer
Telephone
White board
Key drop
HT
Telphone directory
Log book
Lost & Found Form
Lost & Found Book
Work Order
Pest Control Book
MC Book
Key Control Book
Guest request item form
Loan item form
Miscelenouse charge

PERMINTAAN PENAMBAHAN ATAU PERPINDAHAN KAMAR
  • Permintaan penambahan atau perpindahan kamar dicatat dalam OT log book: jam order taker, no kamar, jenis permintaan, pemberi order, penerima oorder, ketarangan
  • Permintaan penambahan atau perpindahan kamar segera disampaikan ke petugas Front office melalui telepon atau alat komunikasi yang lain
  • Pelaksanaan maupun administrasi penambahan atau perpindahan kamar akan dilaksanakan oleh petugas front office
  • Guna meyakinkan kamar yang diminta dalam kondisi siap pakai (siap dijual) room attendant harus memeriksa ulang kondisi dari kamar tersebut
  • Khusus untuk perpindahan kamar harus dicatat alasannya, dan kamar segera dibersihkan kembali.

PERMINTAAN GUEST SUPPLIES   
Shoe polish
Facial Tissue
Hotel Stationary
Valet bag
Hanger
Prayer Rug
Sarong
Additional Sew
Extra Pillow
Pillow Foam
Other Guest Room Supplies
Other Bath room Supplies

PERMINTAAN PEMINJAMAN BARANG – BARANG HOTEL
Iron
Iron Board
Adaptor
Electric Socket / Plug
Coffee Cattle
Electric cable
Hair dryer
Baby cot
Razor
Prayer Rug / Mat
Sarong
Alqur’an
Alkitab

Permintaan layanan Turn Down Service / Open the bed
 Yaitu membersihkan kamar tamu pada sore hari oleh roomboy atau roommaid yang biasanya dimulai dikerjakan pada jam 18.00 WIB. Hal ini dilakukan karena pada waktu tersebut tamunya sudah selesai mandi dan tamunya akan pergi untuk makan malam, dengan tujuan agar kamar tersebut tetap segar pada malam hari sedangkan pekerjaan yang harus dilakukan adalah : Open the bed, Merapikan dan membersihkan kamar tamu baik kamar mandi maupun kamar tidur dan meletakkan tanda khusus bagi tamu ( Cokelat, Bunga, Dan kartu ucapan selamt tidur dari management )

Permintaan layanan Extra bed

Tempat tidur tambahan akan disiapkan oleh housekeeping bila diperlukan atau dipesan oleh tamu seperti :
Tamu beserta keluarga yang tinggal dalam satu kamar
Kamar Double atau Twin yang dihuni 3 orang
Tamu rombongan yang terdiri dari tiga orang dan sepakat tinggal dalam satu kamar

Jenis – Jenis Extra bed
Folding bed
Standing extra bed
Sofa bed
Baby box / Baby cot / baby scrip

PERMINTAAN PEMBERSIHAN KAMAR (PERMINTAAN PEMBERSIHAN KAMAR BAIK YANG LANGSUNG DARI TAMU MAUPUN MELALUI FRONT OFFIC
  • Hal yang harus dicatat order taker mencatat permintaan pelayanan pembersihan kamar ke dalam order taker log book
  • Jam menerima order, no kamar, jenis order, asal order, dan nama room attendant yang menerima order
  • Berdasarkan order tersebut room attendant segera datang dan membersihkan kamar bersangkutan 
Note: jika room attendant masih bekerja di kamar lain,floor supervisor wajib memberitahu tamu untuk menunggu sebentar, dan minta maaf atas keterlambatannya

PENANGANAN LAYANAN KAMAR DON’T DISTURB
Pengertian, Adalah salah satu status kamar di hotel karena salah satu hal/kepentingan tamu yang ada di dalamnya maka tamu yang bersangkutan tidak mau diganggu (don’t disturb) berarti aktivitas penanganannya harus ditunda kerena tamu tidak mau diganggu
Bidang/Personil yang terlibat dalam penanganan kamar don’t disturb adalah:
Room Attendant
Floor/Room Supervisor
Front Office
Executive Housekeeper/ Assisstant
Duty Manager/Chief Security

MENGATUR PERLENGKAPAN KAMAR UNTUK TAMU

Beberapa peralatan perlu disiapkan untuk tamu seperti tempat tidur tambahan, tempat tidur bayi, seterika dan meja seterika.Ketika mengirimkan barang, konfirmasikan dengan tamu di mana perlengkapan tersebut ingin diatur peletakannya. Jangan lupa menyebut nama tamu saat berbicara atau pada saat melayani tamu.
  • Tempat tidur beroda / tempat tidur bayi (baby Cot):
  • Letakkan tempat tidur dan buka lipatannya Sesuaikan letak perabotan jika posisinya menyulitkan tamu bergerak dengan aman
  • Siapkan tempat tidur/ tempat tidur bayi sesuai standar yang telah ditentukan
  • Seterika dan Meja seterika :
  • Letakkan meja seterika, buka lipatannya dan atur dengan baik. Pastikan bahwa listrik tersedia di tempat yang diinginkan tamu.
  • Sambungkan seterika pada listrik dan simpan pada tempat yang tepat di meja seterika tersebut.
  • Informasikan pada tamu cara pemakaian seterika dan pengaturannya.

Penempatan Rankaian bunga  di VIP  Or Suites Room

Setiap tamu VIP yang tinggal di kamar suites atau kamar lainnya yang dianggpap penting oleh management harus di tempatkan rangkaian bunga , dengan prosedur sebagai berikut:
  • Rangkaian bunga akan di order dengan menggunakan form yang dinamakan 
    Complimentary / charge atau VIP Requisition Form yang dikeluarkan oleh front office
  • Cek kesegaran dari bunga sebelum diletakkan di kamar dan semprot dengan air untuk menjaga kesegaran dan tempatkan pad tempat yang sudah sesuai dengan prosedur
  • Laporkan ke supervisor jika bunga masih segar dan bawa ke housekeeping office
  • Penempatan Rankaian bunga  dan fruit basket di VIP  Or Suites Room
  • Setiap tamu VIP yang tinggal di kamar suites atau kamar lainnya yang dianggpap penting oleh management harus di tempatkan rangkaian bunga , dan fruit basket  dan ditempatkan di coffee table
Standard Keamanan Dan Keselamatan Kerja
Beberapa standar keamanan dan keselamatan kerja yang perlu diperhatikan oleh petugas dalam melayani permintaan tamu :
  • Pemilihan kualitas / identifikasi barang yang akan dipinjam oleh tamu, mengenai kondisi dari barang tersebut dalam keadaan layak pakai. Sehingga pada saat digunakan oleh tamu, tidak akan terjadi kemungkinan kecelakaan kerja atau hal-hal lain yang merugikan pemakai/ pengguna dan hotel
  • Perhatikan cara/petunjuk penggunaan peralatan yang tercantum pada badan alat tersebut / brosur
  • Perhatikan cara pengaturan dan peletakkan barang di kamar tamu, sehingga tidak mengganggu lalu lintas dan kenyamanan tamu
  • Jangan lupa untuk memperhatikan batas waktu pemakaian yang telah disepakati, agar kualitas barang tetap terjaga kualitasnya dan untuk menghindari kelalaian pemakaian yang mengakibatkan kecelakaan kerja
  • Penggunaan perangkat pelindung yang mendukung keselamatan pengguna, seperti alas kaki, sarung tangan karet, masker pelindung debu, alas kain, atau bahan luar yang melekat pada peralatan yang mengandung penghantar listirik tidak berbahaya pada saat pemakaian ( contoh : seterika ).
Dengan memperhatikan beberapa standar keamanan & keselamatan kerja diatas, diharapkan akan dapat menghindari/ memperkecil kecelakaan kerja baik bagi tamu maupun karyawan Informasikan standar keselamatan & keamanan kerja tersebut pada setiap melakukan pelayanan permintaan tamu, agar tamu merasa puas, sehingga dapat menghindari komplain oleh tamu.



7 komentar :

  1. musikx ngeganggu tulisanx gak bisa di copy blog ini agak extrim

    BalasHapus
  2. lengkap terimakasih banyak,,,,saya senang sekali

    BalasHapus
  3. Wahh ..ini sangat membantu saya untuk pertama psg ..terimaksih

    BalasHapus
  4. terimakasih banyak!!sanggat membantu blog nya.:))

    BalasHapus
  5. halo, saya ingin bertanya apa perbedaan guest supplies dan amenities? apakah sama atau berbeda? Terimakasih

    BalasHapus