A. PENGERTIAN BANQUET
Banquet dalam dunia perhotelan dapat di gunakan dalam suatu kegiatan operasional dari suatu kegiatan khusus yang sudah direncanakan sebelummya, Jadi banquet adalah suatu usaha dari Food and Beverage Department untuk jamuan khusus yang sudah direncanakan sebelumnya.
Menurut kamaus pariwisata banquet adalah suatu jamuan yang diadakan di hoel atas permintaan pemesan, biasanya jenis menu yang dihidangkan sudah pasti dan jumlah tamu yang akan datang cukup banyak”. (Proyek pengembangan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah Jakarta, 1997/1980)
Bangquet adalah “suatu usaha yang merupakan tujuan dalam pelayanan perjamuan-perjamuan khusus dalam sebuah acara atau pesta, menggunakan beraneka ragam sistem pelayanan sesuai dengan permintaan tamu dan biasanya tempat acara perjemuan itudisebuah restoran, di lantai-lantai terbuka dan di restoran mewah”.(D.R. Lillcrap,1978).
Banquet adalah “sekumpulan orang-orang yang berada didalam tempat khusus, di luar dari kegiatan restoran untuk sauatu perayaan yang disetai dengan acara makan dan minum besama, dan diatas pada tempat disuatu ruangan yang menyerupai bentuk tertentu”.(Gusti Putu Putra Arnawa, 1995)
Banquet adalah “ruangan besar hotel yang bisa disewakan untuk pesta rapat dan lain-lain”.(Agustinus, 1995)
Kalau di lihat dari sudut ruangan yang di gunakan untuk suatu pesta di hotel adalah
Banquet HallYaitu ruangan yang dapat di gunakan untuk pelaksanaan suatu pesta dimana acara serta makan dan minum dilakukan dalam suatu ruangan tersebut
Conference / meeting room
Yaitu ruangan yang dapat di gunakan untuk pelaksanaan suatu pesta/ rapat / konferensi dimana makan dan minum dilakukan dalam suatu ruangan tersebut
B. POSISI YANG ADA DI BANQUET
Banquet Manager
Secretary
Banqueting Headwaiter
Bar (dispance barman)
Banquetting head wine waiter
witer
C. JENIS JENIS PESTA BERDASARKAN TUJUANNYA
Social event
Business Event
Holiday Event
Another event
Didalam pelaksanaan jenis – jenis pesta tersebut diatas akan sangat tergantung dari permintaan tamu / persetujuan anatara hotel dengan penyelenggara, dalam hal ini ada beberapa pelaksanaan party antaranya:
Cocktail party
Seating Party
Barberque party
Gala dinner party
D. FORM YANG DISIAPKAN DALAM PELAKSANAAN BANQUET
Requisition form
Master bill
Extra Bill
Cash receipt
Banquet Check List
Banquet event order/banquet memorandum
E. KELENGKAPAN RUANG SEMINAR
General equipment
Reviewing Stand
Trainer Table
LCD Table
Electricity Plug
Room Ventilation
Acoustic equipment
Microphone
Microphone Stand
Tape deck
CD player
Visualization equipment
Flipchart
Magnet Board
White screen
White board
Technical Visualization equipment
Video
Monitor
Overhead Projector
LCD
f. PERSIAPAN BANQUET
Sebuah banquet adalah : Bentuk penyajian paling mewah dari sebuah function.Selain penggunaan ruangan dan personil hotel,dalam pelaksanaannya perlu diingat pula penggunaan inventaris hotel. Penyelenggaraan sebuah banquet diharapkan tidak mengganggu kelancaran pelaksanaan rutinitas yang dijalankan pada sebuah hotel/restaurant. Oleh karena itu, dibutuhkan penyediaan inventaris tambahan,seperti meja kain, piring, gelas, perlengkapan makan lainnya,dsb.
Selain itu dibutuhkan pula ruangan-ruangan khusus seperti dapur kecil,penitipan pakaian, toilet, ganti untuk musisi dll. Dan seluruh petugas harus memahami tentang apa yang harus di siapakan yaitu meliputi :
1. Penyiapan segala inventaris yang dibutuhkan atas kerja sama dengan bagian Stewarding (dalam penyediaan peralatan makanan,gels,alat-alat porselen dan perak,dsb
2. Pengaturan instalasi kebutuhan teknis
3. Pengaturan meja
4. Pengaturan Moletton dan taplak meja
5. Penyusunan kursi
6. Pengaturan tempat penyimpanan peralatan untuk penyajiaan dll
7. Pemasangan peralatan makan,dan serbet dimeja
8. Pemasangan dekorasi meja
9. Peletakkan menu
10. Kontrol ulang atas keseluruhan pengaturan ruangan,meja dan instalasi teknik
Sedangkan persiapan yang harus dilakukan dalam persiapan jamuaan adalah meliputi:
Persiapan diri
Kesehatan badan
Seragam kerja bersih dan rapi
Tepat waktu
Persiapan alat makan dan minum
Siapkan perlatanan jamuan sesuai dengan menu
Jenis pelayanan yang di gunakan
Jenis table set up
Jenis dan jumlah meja dan kursi
Periapan ruangan
Jenis kegiatan
Jumlah tamu
Jenis meja dan kursi
Jumlah dan bentuk buffet table
Jenis dan warna skirting
Jenis dan warna table cloth and napkin
Jenis pengaturan meja
etc
Pelaksanan pesta jamuan
Adanya persiapan tempat coffee break
Tersedianya alat alat konferensi yang di perlukan
Waktu pelaksanaan makan
Apakah memerlukan penterjemah atau tidak
Ruang Sekertariat
G. MENATA TABLE SET- UP
Pelayanan banquet merupakan pelayanan yang formal untuk tamu yang menyelenggarakan pesta dengan tujuan yang sama. daftar makanan serta harganya biasanya dalam bentuk Fixed Price, dan untuk minuman biasanya sudah termasuk dalam suatu paket. Yang penting perlu diingat untuk tamu adalah semua tamu harus dilayani pada waktu yang sama termasuk dalam melakukan clear up. Karena dalam pelayanan banquet menu sudah di tentukan oleh sebab itu table set up yang cocok di gunakan adalah full set up / Elaborate set up, yaitu set up yang sangat lengkap mulai dari peralatan appetizer sampai desert serta minuman anggur dan champagne.
MENYIAPKAN BUFFET TABLE
Dalam acara banguet makanan dan minuman dapat di sajikan dengan berbagai macam type pelayanan selain ”American service, French service, platter service juga dapat di sajikan secara Buffet service. Oleh sebab itu buffet table harus disiapakan dalam ruangan tersebut, Dalam mengatur buffet table akan dapat dipengaruhi oleh beberapa factor yaitu :
Jumlah tamu
- Harga makanan dan minuman
- Waktu penyajian
- Jumlah alur pelayanan
- Jumlah makanan yang disajikan
- Jumlah, ukuran dan bentuk meja yang tersedia
- Warna kain meja yang diinginkan oleh tam
- Alam dan keadaan lingkungan di mana buffet itu dilaksanakan.
- Tata lampu yang menerangi meja buffet dan makanan.
- Penggunaan patung pada meja buffet seperti patung es, patungmentega, atau patung-patung yang lain.
- Warna penutup meja yang dipergunakan.
- Waktu yang diperlukan oleh seorang tamu untuk mengambil makanan.
Coffee break biasanya disiapak pada acara konferensi atau seminar serta meeting pada saat istirahat oleh sebab itu di perlukan meja khusus untuk menyajikan minuman Coffee or tea serta macam macam snack baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan rapat , dan yang perlu di perhatikan adalah antaranya:
- Jumlah tamu yang mengikuti seminar
- Harga dari Coffee break
- Waktu penyajian coffee break
- Jumlah Snack dan minuman yang harus di sajikan
- Jumlah, ukuran dan bentuk meja yang tersedia
- Warna kain meja yang diinginkan oleh tamu
- Shape linebuffet table
- Scramble buffet table
Untuk menyajikan makanan dan minuman dengan menu type Table d’ hote menu / pix price dapat dilakukan dengan menggunakan type pelayanan tergantung persetujuan dengan penyelenggara. Type pelayanan Banquet akan meliputi :
Plate service untuk : Appetizer , soup, main course dan dessert
Platter service untuk : Main course dan dessert ( some special deshes )
Gueridong Service : Main course dan dessert ( some special deshes )
Beberapa hal yang harus di ingat pelayanan ini adalah :
- Sebelum tamu datang , ice water , bread harus sudah di sajikan
- Semua staff harus siap pada waktunya dan tamu akan di sambut oleh seorang greeter / head waiter
- Tamu akan mengambil tempat duduk sesuai dengan tempat duduk yang sudah di tentukan yang di bantu oleh waiter/ ss yang bertuagas
- Pesta akan di mulai setelah tuan rumah memberi tanda untuk memulai kadang kadang tuan rumah akan berbicara terlebih dahulu
- Minuman di sajikan pada saat pesta dimulai dan menghidangkan minuman di awalai dari meja utama dan diikuti meja berikutnya
- Makanan pertama akan disjikan setelah head waiter memberi tanda dan semua waiter harus siap sesuai dengan nomer meja yang menjadi tanggung jawabnya
- Untuk menyajikan makanan harus selesai pada waktu yang bersamaan dan dimulai dari meja utama
- Lakukan untuk makanan berikutnya
- Menyambut tamu dan membantu menyimpan pakaian hahangat
- Menyajikan apperitif
- Menyiapakan tempat duduk tamu
- Menyalakan lilin
- Mengantarkan tamu ke tempat duduk
- Menyiapka piring roti dan mentega
- Menyiapka white wine dan Mineral water
- Menbereskan glass apeeritif
- Menyajikan makanan pembuka dingin
- Menyajiakan roti dan mentega
- Menyajikan white wine dan mineral water
- Membereskan piring hidanganpembuka
- Menyajikan soup
- Membereskan piring mangkok soup
- Menyiapkan red whine
- Membereskan glass white wine
- Menghidangkan red wine
- Mengangkat peralatan makan yang tidak terpakai
- Menyiapkan penyajian hidangan utama
- Menyajikan red whine
- Menyajikan makanan utama dengan sauce dan hidangan penyerta
- Membereskan piring makan
- Menyiapkan atau merapikan meja dan alat untuk makanan berikutnya
- Menyiapakan makanan dessert
- Menyajikan dessert
- Membereskan piring dessert
- Menyajikan kopi
- Memberskan paralatan penyajian kopi
- Membereskan napkin
- Hingga tamu meninggalkan meja selalu mengganti asbak
Penyajian sistem buffet merupakan kemudahan bagi petugas maupun tamu yang menikmati hidangan, sistem ini dilakukan dalam waktu singkat dengan jumlah tenaga sedikit tapi tamu dalam jumlah banyak, Dalam penyajian sistem buffet dapat di bedakan menjadi 2 yaitu :
Sistem buffet terbuka,
yaitu tamu tamu dapat melayanai pengambilan sendiri atau di layani oleh pramusaji dan hidangan di sajikan secara porsional
Sistem buffet tertutup,
yaitu berdasarkan permintaan tuan rumah jumlah tamu dibatasi dan disesuaikan dengan perjanjian
Persiapan penghidangan Buffet
Hal yang dilakukan perhatikan adlah pembagian ruangan berdasakna jumlah tamu, contoh untuk ruangan dengan jumlah tamu di atas 100 pax akan di butuhkan beberapa buffet table, yang penyusunannya sangat tergantung dari persetujuan anata hotel dan penyelenggara. Begitu pula untuk menyiapkan dinning table sekaligus table set up , biasanya mengunakan Standart set up atau Elaborate set up sama dengan yang di terapkan di restoran.Dalam menyiapkan buffet table petugas harus memperhatikan hal hal sebagai berikut:
- Ukuran meja dan bentuk serta kain yang di gunakan harus disesuaikan dengan acara dan jumlah tamu
- Makanan harus disusun secara menarik sesuai dengan jenisnya dan disediakan piring sebagai tempat makanan
- Setiap jenis makanan disediakan alat alat untuk mengambilnya
- Alat pemanas seperti Rechaud/ shaving dish harus disediakan untuk makanan yang harus dihidangkan panas
- Tata lampu penerangan buffet
- Penggunaan dkorasi
Dalam sistem buffet para tamu akan merasa rilex, dan dapat menikmati hidangan dengan cara mengambil sendiri makanan yang di inginkan yang sudah di susun secara rapi di atas buffet table dari makanan appetizer sampai dessert. Dalam acara Buffet yang mewah para tamu akan disajikan makanan penarik selera ataupun soup seperti pada acara makan yang resmi sebelum tamu menuju ke meja buffet untukmengambil maknan utama, Ice water, Bread dan kadang kadang makanan penutup juga disajikan oleh petugas.
Pengaturan khusus untuk buffet harus dilakukan secara benar, piring makan harus ditempatkan pada barisan pertama dan jumlahnya harus lebih banyak dari jumlah tamunya, penyusunan ini harus urut sesuai dengan kerangkan menu buffet.
Untuk memberikan pelayanan yang lebih cepat biasanya sering di jumpai meja buffet khusus untuk makanan appetizer, soup, main course dan dessert serta meja untuk minuman
Beberapa hal yang di laksanakan pelayanan ini adalah meliputi :
- Menyambut dan menyapa tamu
- Membantu tamu dalam menyimpan pakaian hangat
- Menyajikan minuman apperitif
- Menyalakan lilin
- Mengantar tamu ke tempat duduk
- Menyajikan minuman
- Membereskan glass
- Mengganti asbak
- Membereskan piring yang kosong dari atas meja tamu
- Menyiapkan peralatan makan
- Menyajikan minuman yang di pesan tamu
- Menambah jumlah piring di meja buffet
- Merapikan hidangan di atas buffet
- Memberikan pelayanan kepada tamu yang memerlukan bantuan
- Menjaga kebersihan meja
- Menyajikan kopi
- Mengganti asbak
- Membereskan buffet table
Terdapat bermacam-macam pengaturan meja banquet dan tempat duduk untuk sebuah pelaksanaan function.Yang harus diperhatikan dalam menentukan pengaturan bentuk meja dan tempat duduk tamu adalah kemudahan penyajian hidangan serta kemudahan lalu lintas untuk kepentingan acara yang dimaksud sepertiDalam menata ruangan banquet akan memerlukan beberpa perlengkapan seperti :
Guest table / Dining table
a) D’ uice table 70 x 70 Cm untuk 2 person
b) Square Table 90 x 90 Cm Untuk 4 person
c) Round Table 1,50 M Untuk 5 Person
d) Rectangular table 70 x 240 Cm Untuk 8 Person
Untuk mengatur lay out banquet table perlu mempertimbangkan beberapa factor
- Keinginan dari pihak yang disesuaikan dengan jenis jamuan
- Jenis kegiatan
- Jumlah tamu
- Ukuran besar ruangan dan lay outnya
- Jenis makanan yang di sajikan
- Apakah ada pembicaraan dari tuan rumah
- Apakah ada entertaiment
- Apakah terdapat tempat berdansa
- Memerlukan dekorasi
- Gemana jenis pembayaran
- Perlu tidak photographer
- Apakah disediakan minuman penutup
- Bila penyajian dilakukan secara prasmana apakah perlu petugas dapur khusu
- Tersedianya Papan bulletin pada arah masuk keruangan pesta
- Jarak antara meja adalah 2 meter
- Lebar meja 90 Cm
- Lebar antar setiap cover antara 60 -80 CM
- Jarak anatar dinding dengan kursi adalah 1 meter yang akan digunakan untuk lewat para pramusaji
- Tinggi kursi dari lantai sangat umumnya berkisar 46 Cm - 50 cm
Buffet table adalah meja yang digunakan untuk menyajikan makanan dan minuman secara prasmanan.Bentuk penyusunan buffet table dapat di bedakan menjadi dua :
Sharpe Line buffet table
Bentuk buffet table yang disusun manjadi satu secara memanjang dimana semua makanan dari appetizer samapai desset beserta perlengkapannya disusun secara urut dalam satu meja buffet tersebut
Scramble buffet table
Bentuk buffet table yang disusun secara terpisah pisah dimana setiap buffet table di pakai untuk menempatkan satu atau dua jenis hidangan beserta perlengkapannya
Jenis – jenis meja yang digunakan untuk mebuat buffet table
- Rectangular table / Oblong
- Round table
- Half round table
- Quarter round table
- Serpentine tableTrapezoid table
Floor dace adalah suatu fasilitas lantai dansa yang disediakan saat banquet berlangsung hal ini sangat tergantung dengan permintaan konsumen
K. LAYOUT MEETING ROOM
Theatre Style
Theatre Style
Class room style
U – Sharp style / Horseshoe style
Boardroom Style
Hollow square / oval Style
T- Shape
Banquet style
V Shape or Chevron
Reception style
Cabaret
Dinner and dance party
E STYLE
Combination style
Class room combination style
Octagon style
Oval style
Round style and haff round style
Herringbone style
musiknya bagus pak,,,
BalasHapusBukan kaleng " kak
BalasHapusBukan kaleng " kak
BalasHapusuntuk set up meeting room sangat banyak,,tapi saran saya kalau bisa dengan gambarnya dan beserta nama setingannya
BalasHapusJosd
BalasHapuspak kenapa tidak bisa di copy, saya kan males ngetik
BalasHapusapakah bapak tidak tau dosanya bagi yang suka mempersulit orang lain?