Jumat, 08 Januari 2016

UN SEKOLAH SMK N 2 BATAM

Posted by MR.KIN'S ANDRIANTO,DIPL HOT,SE on 19.57 with No comments
Satuan pendidikan : Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK )
Sekolah : SMK Negeri 2 Batam
Bidang keahlian : Seni, kerajinan dan pariwisata
Kompetensi keahlian : Akomodasi perhotelan
Ujian : Sekolah
Hari :/ tanggal : 2012
Jenis Soal : Pilihan Ganda 
Jumlah Soal : 40 soal
Disiapkan oleh : MASRUKIN,DIPL HOT, SE
  1. Banyak sekali jenis jenis komunikasi, komunikasi dimana organisasi atau media membuat dan menyebarkan pesan kepada khalayak banyak atau khalayak ramai (public) disebut komunikasi ….
    a. intra-personal
    b. Public
    c. interpersonal
    d. Massa
    e. Special
  2. Berbagai macam suku dan budaya yang ada di Negara Indonesia yang memiliki cara dan gaya hidup yang berbeda satu sama lainnya. Untuk suku asli yang berada di propinsi banten adalah………..
    a. Suku Sasak
    b. Suku Sunda
    c. Suku dayak
    d. Suku Badui
    e. Suku anak dalam
  3. Dalam memulai suatu pekerjaan para pekerja sangat dianjurkan Untuk memperhatikan kesehatan, keselamatan dan keamanan kerja. Agar terhindar dari bahaya, ataut idak mendapat gangguan, dan tidak kurang suatu apapun adalah pengertian…………. …… ….
    a. keselamatan
    b. Preventive
    c. Healthy
    d. Kuratif
    e. Safety
  4. Seoraqng receptionis sering kali menerima complain tamu Ada beberapa hal yang harus dilakukan pada saat receptionis menangani tamu complaint yaitu
    a. Segera menjawab tanpa mendengarkan terlebih dahulu
    b. Jangan mencoba membela diri dan mencari alasan
    c. Tidak memberi kesempatan kepada tamu untuk menjelaskan masalahnya
    d. Mabantah karena keterangan tamu dan anda merasa benar
    e. Membiarkan tanpa di follow up
  5. Negara kita sangat banyak tempat untuk melakukan wisata ,Object wisata Danau maninjau terletak di propinsi ……….
    a. Sulawesi utara
    b. Papua
    c. Sumatera Barat
    d. Jambi Nusa
    e. Nusa Tenggara Timur
  6. ]Klasifikasi hotel dapat dilihat dari berbagai macam aspek , hotel yang kebanyakan tamu yang berkunjung untuk berobat adalah
    a. Business hotel
    b. Pilgrim hotel
    c. Cure Hotel
    d. Casino hotel
    e. Highway hotel
    07. Telphone operator dalam melayani tamu harus menggunakan kata sopan atau (magic word ) mana yang bukan kata sopan dalam berbicara dengan tamu……
    a. Thank you
    b. Please
    c. I beg you pardon
    d. Who
    e. I am sorry
  7. Mr. Donny telephone dari kamar dan ingin bicara dengan Mr. kin (General manager) yang mana general manager tersbut kebetulan sedang menelphone sehingga tidak mungkin di jawab, maka anda harus menghubungi kembali ke tamu dengan mengatakan
    a. I am sorry, Mr , Mr. kienzz is still engaged
    b. I am sorry Mr, there is no answer from our GM
    c. I am sorry, Mr.Donny , Mr. kienzz is still engaged
    d. Thank you for calling Mr. Donny
    e. There is call for Mr. Donny
  8. Belboy wajib mengenal barang bawaan tamu,Jenis barang pakaian dalam jumlah sedikita adalah
    a. Brief case
    b. Travelling bag
    c. Bag pack
    d. Suite case
    e. Vanity case
  9. Form yang digunakan bellboy untuk mengidentifikasi barang bawaan tamu adalah barang bawaan tamu adalah
    a. Bellboy errand sheet
    b. Bellboy control sheet
    c. Bellboy form
    d. Luggage tag
    e. Bellboy sheet
  10. ]Tugas bell boy selain menangani barang tamu,bila tamu akan menitipkan barang dalam waktu lama maka bellboy akan mencatatnya barang tersebut pada form
    a. Luggage tag
    b. Claim check form
    c. Bellboy control sheet
    d. Bellboy form
    e. Temporary claim check form
  11. Form yang digunakan untuk mengetahui permintaan pemesan kamar dari tamu tersedia atau tidak untuk masa yang akan dating adalah……
    a. Reservation form
    b. Reservation slip
    c. Reservation Voucher
    d. Expected departure list
    e. Reservation chart
  12. Pada saat tamu memesan kamar dan tamu tesebut mempunyai permintaan khusus seperti flower, fruit basket dituilis pada kolom…….
    a. Meal arrangement
    b. Book by
    c. Contac person
    d. Remark
    e. payment
  13. Bill instruction pada reservation form jika semua pembayaran rekening tamu akan akan di bayar oleh perusahaan yang mengeluarkan surat jaminan maka pa account instruction di tulis
    a. C/A by guaranteed letter
    b. P/A by cash
    c. T/A by voucher no 7282
    d. A/C by Master card no 8272
    e. P/A by visa no 5722
  14. Tamu yang sudah melakukan pemesanan dan tidak datang dengan tidak memberi tahu sebelumnya disebut ……..
    a. Amendment
    b. No show
    c. Cancelation
    d. Early arrival
    e. Lay over passage
  15. Jenis pembayaran yang di keluarkan oleh perusahaan sebagai bukti bahwa tamu di tanggung perusahaan yang bersangkutan dinamakan …..
    a. Voucher
    b. Travel cheque
    c. Credit card
    d. Guaranteed letter
    e. Cash
  16. Peralatan tempat menyimpan barang barang tamu yang berharga yang berada di front office chashier adalah
    a. Counter
    b. Safety deposit box
    c. Key rack
    d. Filling cabinet
    e. Drawer
  17. Data tamu yang harus di tulis pada Guest Card adalah adalah ……
    a. Nomer kamar, nama tamu, harga, C/ I and C/O
    b. Nomer kamar, nama tamu, jumlah orang, harga, C/ I and C/O
    c. Nomer kamar, nama tamu, jumlah orang, C/ I and C/O dan initial
    d. Nomer kamar, jumlah orang, Nama group, Alamat ,C/ I and C/O dan initial
    e. Nomer kamar, nama tamu, alamat, harga, C/ I and C/O dan initial
  18.  Data tamu yang harus di tulis pada Guest Card adalah adalah ……
    a. Nomer kamar, nama tamu, harga, C/ I and C/O
    b. Nomer kamar, nama tamu, jumlah orang, harga, C/ I and C/O
    c. Nomer kamar, nama tamu, jumlah orang, C/ I and C/O dan initial
    d. Nomer kamar, jumlah orang, Nama group, Alamat ,C/ I and C/O dan initial
    e. Nomer kamar, nama tamu, alamat, harga, C/ I and C/O dan initial
  19. Daftar semua nama nama tamu yang diharapkan datang di hotel adalah
    a. Expected arrival list
    b. Guest in the house
    c. Room status report
    d. Room rack slip
    e. Expected departure list
  20. T2C hotel pada harti ini memiliki data sebagai berikut :
    a. Room Available 50 room
    b. Room occupancy yesterday 50.00%,
    c. C/O Today 10 room
    d. check in today 20 room
    barapa jumlah kamar yang biasa dijual kepada tamu WIG …..
    a. 15 Kamar
    b. 25 kamar
    c. 10 kamar
    d. 40 kamar
    e. 35 kamar
  21. T2C Hotel memiliki harga kamar deluxe S$ 40 per malam. Miss ABG menginap selama 5 malam, harga kamar sudah termasuk 21 % tax and service berapa jumlah dari nett sales yang harus dikeluarkan dari harga kamar tersebut ( S$ 1 = Rp 6.500 )
    a. Rp. 1.300.000,-
    b. Rp. 1.027.000,-
    c. Rp. 1.573.000,-
    d. Rp. 273.000,-
    e. Rp. 1.300.000 ,-
  22. Harta dalam persamaan akuntansi merupakan hungan aktiva dan pasiva yang dinyatakan dalam bentuk persamaan …..
    a. Harta = Equitas + Modal
    b. Harta = Kewajiban + Modal
    c. Harta = hutang + Modal
    d. Harta = Piutang + Modal
    e. Harta = Aktiva + pasiva
  23. Seorang chashier setiap penerimaan dan pengeluaran uang harus mencatatnya pada form yang di sebut
    a. Guest Bill
    b. City Leger
    c. Cash Receipt
    d. Guest account
    e. Personal account
  24. Segala sesuatu yang tertulis , tergambar yang dapat digunakan sebagai bahan keterangan apabila diperlukan disebut …..
    a. Lampiran
    b. Dokumen
    c. Voucher
    d. Surat
    e. Facktur
  25. Alat yang ada di hotel, seperti di dapur, corridor dll yang berfungsi untuk memadamkan api bila terjadi kebakaran adalah
    a. Water sprinkle
    b. Fire extinguisher
    c. Smoke detector
    d. Fire detector
    e. Foam detector
  26. Alat pelindung ( protective ) yang digunakan houseman pada saat membersihkan lantai toilet yang tergenang adalah ……..
    a. Masker
    b. Glasses
    c. Hand glove
    d. Close to shoes
    e. Helmet
  27. Alat yang di gunakan untuk membersihkan debu pada lantai yang datar seperti lobby hotel
    a. Floor brush
    b. Glass squeezer
    c. Floor squeezer
    d. Lobby duster
    a. Ceiling brush
  28. Bahan pembersih yang di gunakan untuk melancarkan pipa pembuangan seperti pembuangan dari dapur, Toilet adalah
    a. Floor cleaner
    b. Wax s
    c. Polisher
    d. Caustic soda
    e. Shine up
  29. Teknik pembersihan yang dilakukan untuk membersihkan debu pada lantai keras sekaligus membunuh kuman adalah
    a. Wet vacuuming
    b. Brushing
    c. Mooping
    d. Polishing
    e. Lobby dusting
  30. Suatu ruangan rapat dimana tamu melakukan pertemuan sekaligus makan dan minum di ruangan tersebut atau ruangan yang sama di namakan
    a. Meeting room
    b. Business center
    c. Banquet Hall
    d. Function room
    e. Dinning hall
  31. Susunan Meja rapat seperti class room style tapi tidak menggunakan meja untuk menulis di namakan
    a. U style
    b. Dinning Style
    c. Theater style
    d. Banquet Hall style
    e. Combination style
  32. Langkah pembersihan akhir yang harus dilakukan untuk mmebersihkan kamar mandi adalah
    a. Dusting
    b. Flushing
    c. Stocking
    d. Polishing
    e. Mopping
  33. Formulir yang digunakan karena adanya menemukan barang hotel yang rusak di kamar tamu anda laporkan pada supervisor dengan mengisi form
    a. Lost and found form
    b. Room boy control sheet
    c. Lost and damage report
    d. Loan Item form
    e. Work order
  34. Supervisor memberikan tugas pada anda untuk membersihkan 21 kamar standard pemasangan 3 sheet dengan rincian sebagai berikut
     2 kamar double vacant clean
     3 kamar double occupied
     4 kamar double vacant dirty
     12 kamar twin check out
    jumlah sheet yang anda siapkan di trolley adalah
    a. 27 sheet double 36 sheet single
    b. 36 sheet double 27 sheet single
    c. 24 sheet double 30 sheet single
    d. 21 sheet double 72 sheet single
    e. 72 sheet double 21 sheet single
  35. Untuk meringankan pekerjaan room attendant / room boy, linen kotor yang terkumpul dari kamar tamu di tempatkan di bagian …….. trolley
    a. Linen hamper
    b. Towel rack
    c. Amenities Box
    d. Garbage hamper
    e. Plastic bag
  36. Pada saat roomboy ingin membersihkan kamar dan terdapat tanda DD maka roomboy harus memberi tahu kepada tamu dengan memasukkan form yang di sebut …..
    a. Message form
    b. Notification notice form
    c. Remanded form
    d. Late check out notice
    e. Guest notice
  37. Jenis layanan housekeeping without additional charge adalah
    a. Extra bed
    b. Folding Bed
    c. Butler service
    d. Soap
    e. Baby box
  38. Mesin yang digunakan untuk yang dipakai untuk melicinkan sheet, pillow case adalah
    a. Extractor
    b. Flat roll iron
    c. Susy –Q
    d. Drying tumbler
    e. Washing machine
  39. Bahan yang dipakai untuk melembutkan pakaian sehingga lebih mudah disetrika, lebih licin dan tidak kusut, lembut dipakai dan membuat harum
    a. Sour / Neutralizer
    b. Emulsifier
    c. Softener
    d. Starch
    e. Solvent
  40. Petugas yang bertanggung jawab untuk menangani pengantaran baju tamu yang sudah di cuci dinamakan
    a. Valet laundry
    b. Valet Butler
    c. Valet Parking
    d. Valet car
    e. Valet man

Satuan pendidikan : Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK )
Sekolah : SMK Negeri 2 Batam
Bidang keahlian : Seni, kerajinan dan pariwisata
Kompetensi keahlian : Akomodasi perhotelan
Ujian : Sekolah
Hari :/ tanggal : 2013
Jenis Soal : Pilihan Ganda 
Jumlah Soal : 40 soal
Disiapkan oleh : MASRUKIN,DIPL HOT, SE
  1. Setiap Negara tidak memiliki budaya yang sama, salah satu budaya cara berkenalan adalah dengan cara membungkukkan badan adalah budaya Negara ……
    a. Belanda
    b. Jepang
    c. Australia
    d. Jerman
    e. Indonesia 
  2. Bila dua orang melakukan komunikasi maka akan terjadi pesan komunikasi seperti alur berikut
    a. Komunikator – feedback – message – komunikator
    b. Feedback- message – komunikan – komunicator
    c. Feedback - komunikasi – komunikator – message
    d. Komunikato – message – komunikan – feed back
    e. Komunikan – komunikator – message – feedback
  3. Alat yang ada di hotel, seperti di dapur, corridor dll yang berfungsi untuk mendeteksi di bila terjadi kebakaran adalah ………
    a. Water sprinkle
    b. Fire extinguisher
    c. Smoke detector
    d. Fire detector
    e. Foam detector
  4. Seorang tamu dating ke receptionist dan mengatakan bahwa AC di kamar didak dingin hal ini termasuk keluhan ……..
    a. Keluhan mekanikal
    b. Keluan sikap petugas atau attitude
    c. Keluhan service
    d. Keluhan aneh
    e. Keluhan psikologis
  5. Hotel yang dirancang bangunnaya dilokasi tepi pantai dan menyediakan sarana dan prasarana rekreasi untuk tamu adalah ……. hotel
    a. Business
    b. Resort
    c. Beach
    d. Tourism
    e. Beach and resort
  6. Banyak tingkatan komunikasi ,proses komunikasi yang terjadi dalam diri seseorang, berupa pengolahan informasi melalui pancaindra dan sistem syaraf.Contoh berpikir, merenung, menggambar, menulis sesuatu, dll. Di namakan
    a. General Communication
    b. Inter-personal Communication
    c. Intra-personal Communication
    d. Intra-Group communication
    e. Association Communication
  7. Barang bawaan tamu harus ditangani dengan baik salah satu tujuannya adalah untuk menekan biaya. Dengan demikian dalam mengangkat barang tamu harus dilakukan dengan memperhatiksan tanda yang terdapat di barang bawaan tamu hati hati istilah ini dinamakan
    a. Limiting
    b. Lifting
    c. Expense
    d. Stacking
    e. Escorting
  8. Ketika bellboy menangani barang bawaan tamu saat check out , agar room boy mengetahui bahwa kamar tersebut sudah check out maka bellboy harus memasang ……. Form
    a. Bellboy control sheet
    b. Bellboy errand card
    c. Luggage tag
    d. Departure slip
    e. Guest card
  9. Tas yang di gunakan oleh tamu untuk membawa atau menyimpan surat berharga tamu adalah
    a. Suitcase
    b. Travel Bag
    c. Trunk
    d. Briefcase
    e. Hand Bag
  10. Petugas valet parking dalam melakukan pekerjaanya harus mengetahui beberapa alat pendukung yaitu kecuali …….
    a. Counter Valet
    b. Signboard
    c. Handy Talkie
    d. Valet bag
    e. Traffic Cone
  11. Sistem Plan merupakan penetapan harga kamar hotel sudah termasuk makan, untuk jenis makan pagi Bermuda plan adalah
    a. CBF
    b. ABF
    c. IBF
    d. Buffet
    e. Set breakfast
  12. Penyusunan reservation slip di rack yang benar adalah berdasarkan alphabetical yang berfungsi untuk mempermudah dalam pembuatan
    a. EDL
    b. EAL
    c. Guest history card
    d. Arrival book
    e. Departure book
  13.  Alat yang di gunakan untuk meletakkan reservation slip adalah Reservation rack sedangkan untuk menyimpan fille reservation yang lannya adalah di sebut
    a. Information rack
    b. Room Rack
    c. Key Rack
    d. Filling Cabinet
    e. Reservation chart
  14.  Sebelum menanyakan nama tamu yang akan menginap pada sat tamu memesan kamar, Informasi yang harus di ketahui oleh petugas reservasi adalah
    a. Tanggal tiba, jenis kamar, nama tamu dan jumlah orang
    b. Tanggal berangkat, jenis kamar, nama tamu dan jumlah kamar
    c. Tanggal tiba, jenis pembayaran, jenis dan jumlah kamar
    d. Tanggal tiba, jumlah orang, jenis dan jumlah kamar
    e. Tanggal tiba, lama tinggal, jenis dan jumlah kamarHotel dalam
  15. mengurangi ketidak hadiran tamu yang sudah memesan adalah dengan cara meminta deposit pada saat pemesanan kamar oleh tamu,Tamu yang sudah memesan kamar tapi tidak datang tanpa informasi sebelumnya di sebut
    a. Don’t arrive
    b. Amandement
    c. Cancelation
    d. No show
    e. Lay over Pessenger
  16. Pelayanan registrasi wajib dilakukan ke semua tamu yang check in,untuk tamu group siapa yang wajib mengisi registrasi
    a. Tour leader
    b. Guide
    c. All Guest
    d. Travel agent
    e. Receptionist
  17. Surat yang diajukan kepada tamu sudah check out dan tamu tersebut meninggalkan alamat di katagorikan sebagai surat
    a. Current Guest mail
    b. Past Guest maial
    c. Future Guest mail
    d. Up date guest mail
    e. Last Guest mail
  18. Kartu yang salah satunya berisikan jenis pembayaran tamu seperti cara cah dan credit dinamakan
    a. Registration card
    b. Reservation chart
    c. Room rack slip
    d. Reservation slip
    e. Guest card
  19.  Jenis laporan fron Office yang berisikan tentang kegiatan hotel selama 24 jam di namakan
    a. Room house count sheet
    b. Room sales recapitulation
    c. Registration form
    d. Room report
    e. Conventional chart
  20. Dalam morning preparation seorang receptionist salah satunya harus menyiapan kartu yang berisikan Room number, arrival date, guest name dinamakan
    a. EAL
    b. Blocking card
    c. Registration card
    d. Slip card
    e. Guest card
  21. Mr.Kin andrianto akan check out pada hari ini , setelah menginap di hotel selama 5 (lima) malam. Beliau menginap di kamar deluxe dengan nomor kamar # 123 dan harga kamarU$ 105 / malam dan sudah termasuk 21% service & tax. Hitunglah berapa biaya yang harus dibayar oleh Mr.Matthew. 1 U$ = Rp. 9.500,00.
     Rp. 3.620.925,00
     Rp. 4.987.500,00
     Rp. 2.206.975,00’
     Rp. 3.995.000,00
     Rp. 2.413.950,00
  22. Jenis alat bayar yang dapat di pakai untuk pembayaran di hotel dan tamu tetap merasa aman karena kalau hilang tidak biasa di gunakan oleh si penemu dinamakan……
    a. Guaranteed letter
    b. Voucher
    c. Individual cheque
    d. Company Cheque
    e. Travel Cheque
  23. Istilah untuk kegiatan surat menyurat antara pihak yang satu dengan pihak yang lainnya di sebut
    a. Message
    b. Filling
    c. Correspondent
    d. Recapitulation
    e. Mailling
  24. Untuk membersihkan pada area yang luas dan terbual dari marble maka teknik yang tepat untuk menghilangkan debu adalah dengan menggunakan alat
    a. Lobby duster
    b. Vacuum
    c. Polishing Machine
    d. Broom
    e. Dusting
  25. Teknik pembersihan yang dilakukan secara kering adalah
    a. Dusting , Shampooing, sweeping
    b. sweeping, moping, polishing
    c. Dusting , dray vacuuming , moping , Vacuuming
    d. Dusting , dry vacuuming , sweeping
    e. Moping, Shampooing, Wet vacuuming
  26. Persamaan dasar akuntansi merupakan hubungan antara aktiva dan vasipa yang dinyatakan dam bentuk persamaan
    a. Harta = Equitas + modal
    b. Harta = Kwajiban + modal
    c. Harta = Hutang - modal
    d. Harta = Piutang + modal
    e. Harta = Activa + Pasiva
  27. Ruangan untuk rapat dimana acara dilakukan dalam ruangan dan makan serta minum dilakukan di ruang berbeda di namakan
    a. Metting room
    b. Banquet Hall
    c. Retangular style
    d. U sharp style
    e. Convention room
  28. Alat mechanical yang dapat digunakan untuk mencuci carpet dinamakan
    a. Brushing Machine
    b. Polishing machine
    c. Shampooing machine
    d. Vacuum
    e. Blower Machine
  29. Kegitan awal room Attendant pada sat akan memulai membersihkan kamar mandi adalah …
    a. Dusting
    b. Polishing
    c. Flushing
    d. Restocking
    e. Mopping
  30.  Jenis linen yang harus di siapak seorang petugas room attendant dalam penataan trolley adalah….
    a. Sheet , Blanket, Pillow case, towel
    b. Sheet ,Pillow case, towel, Bed cover
    c. Sheet ,Pillow case, towel
    d. Sheet , Curtain, Pillow case, towel
    e. Sheet , Bed skirt, Pillow case
  31. Untuk meyimpan alat pembersih jenis Brom harus di susun dengan cara
    a. Di gantung
    b. Di jejer
    c. Di tumpuk
    d. Di biarkan berjejer
    e. Di susun cecara Vertical
  32. Bila rommboy menemukan barang tamu maka harus melaporkan ke supervisor yang nantinya di serahkan ke order taker maka Order taker harus mengisi form yang di sebut
    a. Loan Item form
    b. Room Boy report
    c. Maintenace Report
    d. Lost and Found report
    e. Laundry and dry Cleanning form
  33. Karena satu lain hal tamu terkadang meminta untuk pindah kamar sat menginap di hotel, tamu akn meminta perpindahan kamar melalui telpon langsung ke front office. Jika tamu minta langsung ke front office maka pihak front office akan berkoordinasi ke petugas order taker dan order taker akan langsung menghubung
    a. Order Taker
    b. Room Service
    c. Housekeeping office
    d. Room boy
    e. Valet
  34. Seksi laundry yang bertugas untuk pelicinan atau penyetrikaan cucian berbentuk lembaran seperti, sheet, pillow case, table cloth adalah
    a. Order taker
    b. Presser
    c. Iron
    d. Maglar / Flat roll iron
    e. Dray cleaning
  35. Tamu yang menginap di T2C hotelakan mencucikan pakaiannya di laundry hotel dengan perincian jenis cucian dari harga cucian sebagai berikut
    1. Kemeja lengan panjang 2 buah @ Rp 6.500
    2. Celana panjang 2 buah @ Rp.6000
    3. Kaus kaki 2 buah @ 2.500
    Barapa yang harus di bayar tamu? Harga tersebut ditambah dengan 21 % government tax and service charge
    a. Rp. 30.600,-
    b. Rp. 33.500,-
    c. Rp. 35.500,-
    d. Rp. 36.300,-
    e. Rp. 36.800,-
  36.  Langkah awal dalam merapikan tempat tidur adalah
    a. Dusting
    b. Striping
    c. Making Bed
    d. Folding Linen
    e. Laying sheet
  37. Bahan pembersih yang dapat digunakan untuk membersihkan segala permukaan adalah
    a. Shine up
    b. MPC
    c. Liquid Soup
    d. Wax strip
    e. Fortify
  38.  Boardroom style Sebuah meja persegi panjang atau oval mengatur dengankursi-kursi di semua sisi meja dan meja terset tidak ada kosong di tengah meja. .Digunakan untuk rapat dewan Direksi, Rapat komite, atau kelompok diskusi, untuk susunan sama dengan boardroom style tapi bagian tengah dapat di susun bunga atau taman dinamakan
    a. Class room style
    b. V Shape
    c. Teather style
    d. Hollow style
    e. Kabaret style
  39. Anda bertugas tugas pada anda untuk membersihkan 15 kamar dengan standard penggunaan 3 sheet dengan perincian kamar
     4 kamar double checkout
     2 kamar Doubel Vacant clean
     7 kamar twin vacant dirty
     2 kamar double occupied
    Berapa shet yang harus anda siapkan
    a. 18 sheet double 42 sheet single
    b. 18 sheet double 44 sheet single
    c. 20 sheet double 44sheet single
    d. 22 sheet double 46 sheet single
    e. 24 sheet double46 sheet single
  40. Jenis layanan housekeeping without additional charge adalah kecuali
    a. Praying mate
    b. Plug
    c. Folding Bed
    d. Hair dryer
    e. Towel
Satuan pendidikan : Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK )
Sekolah : SMK Negeri 2 Batam
Bidang keahlian : Seni, kerajinan dan pariwisata
Kompetensi keahlian : Akomodasi perhotelan
Ujian : Sekolah
Hari :/ tanggal : MARET 2014
Jenis Soal : Pilihan Ganda 
Jumlah Soal : 40 soal
Disiapkan oleh : MASRUKIN,DIPL HOT, SE
  1. Banyak sekali jenis jenis komunikasi, komunikasi dimana organisasi atau media membuat dan menyebarkan pesan kepada khalayak banyak atau khalayak ramai (public) disebut dengann komunikasi ….
    a. intra-personal
    b. Public
    c. Massa
    d. Interpersonal
    e. Special
  2. Berbagai macam suku dan budaya yang ada di Negara Indonesia yang memiliki cara dan gaya hidup yang berbeda satu sama lainnya. Untuk suku asli yang berada di propinsi banten adalah………..
    a. Suku Sasak
    b. Suku Badui
    c. Suku Sunda
    d. Suku dayak
    e. Suku anak dalam
  3. Dalam memulai suatu pekerjaan para pekerja sangat dianjurkan Untuk memperhatikan kesehatan, keselamatan dan keamanan kerja. Agar terhindar dari bahaya, atau tidak mendapat gangguan, dan tidak kurang suatu apapun adalah pengertian…………. …… ….
    a. Keselamatan
    b. Healthy
    c. Kuratif
    d. Preventive
    e. Safety
  4. Seoraqng receptionis sering kali menerima complain tamu apa yang harus dilakukan pada saat receptionist menangani tamu complaint yaitu
    a. Segera menjawab tanpa mendengarkan terlebih dahulu
    b. Tidak memberi kesempatan kepada tamu untuk menjelaskan masalahnya
    c. Mabantah karena keterangan tamu dan anda merasa benar
    d. Jangan mencoba membela diri dan mencari alasan
    e. Membiarkan tanpa di follow up
  5. Negara kita sangat banyak tempat untuk melakukan wisata ,Object wisata Danau maninjau terletak di propinsi ……….
    a. Sumatera Barat
    b. Sulawesi utara
    c. Papua
    d. Jambi Nusa
    Nusa Tenggara Timur
  6. Klasifikasi hotel dapat dilihat dari berbagai macam aspek , hotel yang kebanyakan tamu yang berkunjung untuk beribadah adalah
    a. Business hotel
    b. Cure Hotel
    c. Pilgrim hotel
    d. Casino hotel
    e. Highway hotel
  7. Telphone operator dalam melayani tamu harus menggunakan kata sopan atau (magic word ) mana yang bukan kata sopan dalam berbicara dengan tamu……
    a. Thank you
    b. Who
    c. Please
    d. I beg you pardon
    e. I am sorry
  8. Mr. Donny telephone dari kamar dan ingin bicara dengan Mr. kin (General manager) yang mana general manager tersbut kebetulan sedang menelphone sehingga tidak mungkin di jawab, maka anda harus menghubungi kembali ke tamu dengan mengatakan
    a. I am sorry, Mr.Donny , Mr. kienzz is still engaged
    b. I am sorry, Mr , Mr. kienzz is still engaged
    c. I am sorry Mr, there is no answer from our GM
    d. Thank you for calling Mr. Donny
    e. There is call for Mr. Donny
  9. Belboy wajib mengenal barang bawaan tamu,Jenis barang pakaian dalam jumlah sedikit dan dalam jumlah banyak adalah
    a. Brief case and Suite case
    b. Suite case and Trunk
    c. Travelling bag and Trunk
    d. Trunk and Suite case
    e. Vanity case and Suite case
  10.  Form yang di isi bell Captain untuk mengontrol kegiatan seorang bellboy adalah
    a. Bellboy errand sheet
    b. Luggage tag
    c. Bellboy control sheet
    d. Bellboy form
    e. Bellboy sheet
  11. Tugas bell boy selain menangani barang tamu,ada tugas lainnya seperti bila tamu akan menitipkan barang dalam waktu lama maka bellboy akan mencatatnya pada form yang dinamakan
    a. Claim check form
    b. Luggage tag
    c. Bellboy control sheet
    d. Bellboy form
    e. Temporary claim check form
  12. Form yang digunakan untuk mengetahui permintaan pemesan kamar dari tamu tersedia atau tidak untuk masa yang akan datang adalah……
    a. Reservation form
    b. Reservation slip
    c. Reservation chart
    d. Reservation Voucher
    e. Expected departure list
  13. Pada saat tamu memesan kamar dan tamu tesebut mempunyai permintaan khusus seperti flower, fruit basket dituilis pada kolom…….
    a. Meal arrangement
    b. Book by
    c. Remark
    d. Contac person
    e. payment
  14. Bill instruction pada reservation form jika semua pembayaran rekening tamu akan akan di bayar oleh perusahaan yang mengeluarkan surat jaminan maka pa account instruction di tulis
    a. C/A by guaranteed letter
    b. P/A by cash
    c. T/A by voucher no 7282
    d. A/C by Master card no 8272
    e. P/A by visa no 5722
  15. Tamu yang sudah melakukan pemesanan dan tidak datang dengan tidak memberi tahu sebelumnya disebut ……..
    a. Amendment
    b. Cancelation
    c. No show
    d. Early arrival
    e. Lay over passage
  16.  Jenis pembayaran yang di keluarkan oleh perusahaan sebagai bukti bahwa tamu di tanggung perusahaan yang bersangkutan dinamakan …..
    a. Voucher
    b. Travel cheque
    c. Credit card
    d. Guaranteed letter
    e. Cash
  17. Peralatan tempat menyimpan barang barang tamu yang berharga yang berada di front office chashier adalah
    a. Counter
    b. Safety deposit box
    c. Key rack
    d. Filling cabinet
    e. Drawer
  18. Data tamu yang harus di tulis pada Guest Card yang di ambil berdasarkan registration card adalah ……
    a. Nomer kamar, nama tamu, hargakamar , date in and date out
    b. Nomer kamar, nama tamu, jumlah orang, hargakamar, Date in and date out
    c. Nomer kamar, nama tamu, jumlah orang, date in and date out dan initial
    d. Nomer kamar, jumlah orang, Nama group, Alamat ,date in date out dan initial
    e. Nomer kamar, nama tamu, alamat, harga, date in, date out dan initial
  19. Daftar semua nama nama tamu yang diharapkan datang di hotel dan datanya diambil dari reservation slip dinamakan
    a. Guest in the house
    b. Expected arrival list
    c. Room status report
    d. Room rack slip
    e. Expected departure list
  20. T2C hotel pada harti ini memiliki data sebagai berikut :
    a. Room Available 50 room
    b. Room occupancy yesterday 50.00%,
    c. C/O Today 10 room
    d. check in today 20 room
    barapa jumlah kamar yang biasa dijual kepada tamu WIG …..
    a. 15 Kamar
    b. 25 kamar
    c. 10 kamar
    d. 40 kamar
    e. 35 kamar
  21. T2C Hotel memiliki harga kamar deluxe S$ 40 per malam. Miss ABG menginap selama 5 malam, harga kamar sudah termasuk 21 % tax and service berapa jumlah dari nett sales yang harus dikeluarkan dari harga kamar tersebut ( S$ 1 = Rp 6.500 )
    a. Rp. 1.300.000,-
    b. Rp. 1.573.000,-
    c. Rp. 1.027.000,-
    d. Rp. 273.000,-
    e. Rp. 1.300.000 ,-
  22. Harta dalam persamaan akuntansi merupakan hungan aktiva dan pasiva yang dinyatakan dalam bentuk persamaan …..
    a. Harta = Equitas + Modal
    b. Harta = Kewajiban + Modal
    c. Harta = hutang + Modal
    d. Harta = Piutang + Modal
    e. Harta = Aktiva + pasiva
  23. Seorang chashier saat menangani pembayaran dan tamu tersebut tidak membayar secara tunai tapi hanya menandatangi bill maka bil tersebut akan di pindahkan kedalam……..
    a. Guest Bill
    b. Cash Receipt
    c. City Leger
    d. Guest account
    e. Personal account
  24. Segala sesuatu yang tertulis , tergambar yang dapat digunakan sebagai bahan keterangan apabila diperlukan disebut …..
    a. Lampiran
    b. Voucher
    c. Dokumen
    d. Surat
    e. Facktur
  25. Alat yang ada di hotel, seperti di dapur, corridor dll yang berfungsi untuk memadamkan api bila terjadi kebakaran adalah
    a. Water sprinkle
    b. Smoke detector
    c. Fire extinguisher
    d. Fire detector
    e. Foam detector
  26. Alat pelindung ( protective ) yang digunakan houseman pada saat membersihkan lantai toilet yang tergenang adalah ……..
    a. Close to shoes
    b. Masker
    c. Glasses
    d. Hand glove
    e. Helmet
  27. Alat yang di gunakan untuk membersihkan debu pada lantai yang datar seperti lobby hotel
    a. Floor brush
    b. Glass squeezer
    c. Floor squeezer
    d. Lobby duster
    a. Ceiling brush
  28. Bahan pembersih yang di gunakan untuk melancarkan pipa pembuangan seperti pembuangan dari dapur, Toilet adalah
    a. Caustic soda
    b. Floor cleaner
    c. Wax s
    d. Polisher
    e. Shine up
  29. Teknik pembersihan yang dilakukan untuk membersihkan debu pada lantai keras sekaligus membunuh kuman adalah
    a. Wet vacuuming
    b. Brushing
    c. Polishing
    d. Mooping
    e. Lobby dusting
  30. Suatu ruangan rapat dimana tamu melakukan pertemuan sekaligus makan dan minum di ruangan tersebut atau ruangan yang sama di namakan
    a. Meeting room
    b. Business center
    c. Banquet Hall
    d. Function room
    e. Dinning hall
  31. Susunan Meja rapat seperti class room style tapi tidak menggunakan meja untuk menulis di namakan
    a. U style
    b. Dinning Style
    c. Theater style
    d. Banquet Hall style
    e. Combination style
  32. Langkah pembersihan akhir yang harus dilakukan untuk mmebersihkan kamar mandi adalah
    a. Dusting
    b. Flushing
    c. Mopping
    d. Stocking
    e. Polishing
  33. Formulir yang digunakan karena adanya menemukan barang hotel yang rusak di kamar tamu anda laporkan pada supervisor dengan mengisi form
    a. Lost and found form
    b. Room boy control sheet
    c. Lost and damage report
    d. Loan Item form
    e. Work order
  34. Supervisor memberikan tugas pada anda untuk membersihkan 21 kamar standard pemasangan 3 sheet dengan rincian sebagai berikut
     2 kamar double vacant clean
     3 kamar double occupied
     4 kamar double vacant dirty
     12 kamar twin check out
    jumlah sheet yang anda siapkan di trolley adalah
    a. 27 sheet double 36 sheet single
    b. 21 sheet double 72 sheet single
    c. 36 sheet double 27 sheet single
    d. 24 sheet double 30 sheet single
    e. 72 sheet double 21 sheet single
  35. Untuk meringankan pekerjaan room attendant / room boy, linen kotor yang terkumpul dari kamar tamu di tempatkan di bagian …….. trolley
    a. Towel rack
    b. Linen hamper
    c. Amenities Box
    d. Garbage hamper
    e. Plastic bag
  36. Mr kin Andrianto mencucikan pakaiannya jam 11.00 am, jenis cuciannya 2 ( dua) buah slack Rp. 10.000,- 2 (dua) buah blouse @ Rp.4.200,- cucian dan minta selesai dan di kembalikan dikembalikan pada jam 01.00 pm, berapakah Mr. Kin andrianto harus membayar cuciannya setelah ditambah 21% tax & service….
    a. Rp. 56.800,-
    b. Rp. 68.728
    c. Rp. 34.364,-
    d. Rp. 28.400,-
    e. Rp. 56.668
  37. Jenis layanan housekeeping without additional charge adalah
    a. Extra bed
    b. Folding Bed
    c. Soap
    d. Butler service
    e. Baby box
  38. Mesin yang digunakan untuk melicinkan sheet, pillow case adalah
    a. Extractor
    b. Susy –Q
    c. Flat roll iron
    d. Drying tumbler
    e. Washing machine
  39. Bahan yang dipakai untuk melembutkan pakaian sehingga lebih mudah disetrika, lebih licin dan tidak kusut, lembut dipakai dan membuat harum
    a. Sour / Neutralizer
    b. Emulsifier
    c. Softener
    d. Starch
    e. Solvent
  40. Wine adalah minuman yang sangat memerlukan penyajian khusus, bila tamu memesan wine botolan dan minta disajikan di kamar tamu secara khusu maka Petugas yang bertanggung jawab untuk menangani penyajian wine tersebut adalah
    a. Valet Butler
    b. Valet laundry
    c. Valet Parking
    d. Valet car
    e. Valet man