Rabu, 06 Januari 2016

FOOD AND BEVERAGE SERVCE

Posted by MR.KIN'S ANDRIANTO,DIPL HOT,SE on 19.20 with No comments

A.10022010559 URAIAN TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB KARYAWAN RESTORAN

Food and Beverage Manager

  • Bertanggung jawab langsung kepa general manager atas kelancaran operasional bagian tata hidang
  • Bertanggung jawab atas pencapaian suatu pendapatan penjualan makanan dan minuman
  • Bertanggung jawab atas kesetabilan dari :
1) Standard food and beverage cost
2) Standard service
3) Standard portion
4) Standard Recipe
5) Standard quality of food
Assistant Food and Beverage Manager
  •  Bertanggung jawab langsung kepada food and beverage manager
  • Menggantikan food and beverage manager bila berhalangan
  • Membantu tugas food and beverage manager setiap harinya
Restaurant Manager
  • Bertanggung jawab langsung kepada assistant food and beverage manager
  • Bertanggung jawab atas kelancaran operasional kesemua restoran yang ada di hotel
Assistant Restaurant Manager
  • Bertanggung jawab langsung pada restaurant manager
  • Menggantikan restaurant manager bila berhalangan
  • Membantu tugas restaurant manager setiap harinya
Head Waiter
  • Membagi tugas pada staff restoran
  • Membuat jadwal kerja
  • Menentukan system pelayanan
  • Merencanakan peralatan – peralatan yang akan digunakan
Assistant Head Waiter
  • Menggantikan head waiter bila berhalangan
  • Membantu tugas head waiter setiap harinya
Captain Waiter
  • Mengatur peralatan pada seksinya
  • Melakukan “ Taking order”
  • Membantu melayani
Waiter
  • Melakukan table set up
  • Mengambil makanan dari dapur dan minuman dari bar
  • Menangani pembayaran
Busboy
  • Melakukan Clear up
  • Membantu Table set up
  • Menyiapkan peralatan pelayanan
Apprentice ( Trainee )
  • Membantu tugas waiter atau para crew restaurant
B. HUBUNGAN KERJASAMA RESTORAN DENGAN SEKSI LAIN ATAU BAGIAN LAINNYA
Pelayanan di hotel akan dimulai dari tamu menginjakkan kakinya di hotel yaitu di bagian kantor depan sampai tamu meninggalkan hotel kembali. Kantor depan sering diumpamakan sebagai sumbu dari suatu roda, dimana roda tersebut mempunyai jari – jari, bila salah satu jari – jari putus atau kendor maka seluruh roda tersebut akan tidak berjalan dengan semestinya. Begitu pula bila tamu menginap di hotel ada salah satu department tidak memberikan pelayanan yang baik maka akan merusak citra pelayanan di hotel tersebut secara keseluruhan. Dengan demikin sangat diperlukan kerjasama yang baik antara bagian dan seksi sehingga semua pekerjaan dapat dilakukan dengan efektif dan efisien. Kerjasama ini sangat penting dilakukan karena :
1. Pekerjaan dapat dilakukan dengan baik dan efisien
2. Semua bagian memberikan pelayanan yang baik kepada tamu
3. Dapat memperkecil frekwnsi kehilangan barang – barang hotel
4. Membantu meningkatkan keberhasilan usaha
C. BAGIAN ATAU SEKSI YANG ERAT HUBUNGANNYA DENGAN TATA HIDANG
FRONT OFFICE DEPARTMENT
Kerjasama dengan front office ini sangat diperlukan oleh bagian tata hiding dalam hal informasi penting antaranya :
a) Guest in the house
b) Room occupancy
c) Guest Check in dan Check out
d) VIP Guest
Housekeeping Department
Kerjasama dengan housekeeping lebih banyak mengenai kebersihan dan pengadaan linen yang dipakai di restoran dan juga seragam karyawan, kebersihan yang dimaksud diatas adalah, kebersihan lantai, pintu dll
3) Engineering Department
Kerjasama ini akan nampak dalam hal perbaikan atas perabot restoran, pengadaan dan perawatan peralatan – peralatan listrik yang digunakan di restoran dan bar, seperti AC, Kulkas, Lampu, Dll
Accounting Department
Kerjasama ini sangat erat mengenai pembuatan laporan hasil penjualan makanan dan minuman, serta pengawasan bahan makanan dan minuman yang diproduksi dan pembayaran supplier yang mengirim bahan makanan dan minuman tersebut
Stewarding Section
Kerjasama ini erat hubungannya terhadap, penyediaan, pembersihan, penyimpanan peralatan – peralatan tata hidang
Selain department tersebut diatas perlu juga suatu kerjasama dan saling menghargai dengan department lain seperti : Security Department, Marketing Department Dll
E. SARAT – SARAT PETUGAS BAGAIAN RESTORAN
Guna memberikan pelayanan yang baik kepada tamu maka petugas bagian tata hidang perlu memenuhi sarat – sarat yang harus dipenuhi serta dijalankan. Karena bagian tata hiding merupakan dalam memberikan pelayanan makan dan minum langsung berhubungan dengan tamu. Sarat tersebut meliputi :
Keramah tamahan
Keramah tamahan karyawan bagian tata hiding akan tercermin dalam hal
  •  Tamu diterima dengan sopan tanpa membeda – bedakan
  • Membiasakan diri untuk memakai kata – kata yang sopan dalam berbicara
  • Hindari meniru atau mengoreksi sifat – sifat tamu
  • Bersikap membantu kepada tamu
Penampilan pribadi
Agar penampilan menyenangkan maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan :
  • Selalu puas dengan pakaian seragam
  • Jangan bicara tidak wajar untuk mencari perhatian
  • Hindari duduk saat berbicara dengan tamu
  • Hindari merokok saat kerja
  • Hindari berprilaku negative sesama teman
Kesehatan pribadi
Kesehatan jadi sangat penting untuk karyawan tata hidang baik untuk dirinya pribadi, teman sekerja, lingkungan terutama tamu yang dilayani maka perlu :
  • Membiasakan mandi dua kali sehari
  • Pakaian dalam harus diganti secara teratur
  • Membiasakan diri cuci tangan sebelum bertugas terutama setelah dari kamar kecil
Larangan larangan
Hal – hal yang tidak boleh dilakukan adalah :
  •  Lupa mengucapkan terima kasih
  • Memotong pembicaraan orang lain
  • Makan saat bekerja
  • Batuk, meludah, bersin tidak pada tempatnya
  • Memakai seragam yang kotor
  • Rambut dan kuku panjang
  • Mengharapkan tip
  • Membedakan tamu yang dilayan

0 komentar :

Posting Komentar