RESRVATION


A. DASAR DASAR PEMESANAN KAMAR
Bagian pemesanan kamar merupakan bagian yang memiliki fungsi yang sangat vital, ini dikarenakan tinggi rendahnya tingkat hunian kamar sangat ditentukan oleh kemampuan bagian reservasi di dalam menangani pemesanan kamar di hotel. Seorang petugas reservasi harus memiliki kemampuan tentang dasar-dasar reservasi, produk dan jasa yang dijual, bagaimana menjualnya atau teknik menjual, serta penggunaan teknologi komunikasi.  Reservasi adalah suatu proses permintaan pemesanan kamar dan fasilitas lain yang diinginkan oleh calon tamu untuk periode tertentu

B. TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB 
Tugas utama reservation staff adalah mencatat dan memproses seluruh pemesanan kamar secara akurat sekaligus mempromosikan produk hotel serta menciptakan & menjaga citra hotel yang baik melalui pemberian pelayanan yang maksimal.Adapun rincian tugas reservation staff yaitu:
Menjual produk hotel dengan cara melakukan tehnik penjualan
Mempromosikan produk dan fasilitas hotel
Mempertahankan pengetahuan tentang produk dan pelayanan yang ada di hotel seperti harga &           fasilitas promosi, harga khusus dll
Menjalin hubungan yang baik dengan tamu serta mengantisipasikebutuhan tamu
Mencatat dan memproses pemesanan yang dilakukan dengan berbagai macam media
Menerima pemesanan kamar yang ada dalam daftar tunggu (waitinglist)
Memproses perubahan pemesanan kamar
Mencatat metode pembayaran yang sudah di atur khusus untuk tamu rombongan dan konvensi
Melakukan tindakan pencegahan untuk menghindari tamu no show
Meminta persetujuan FOM atau finance manager untuk pemesanan kamar yang menginginkan            pembayaran kredit
Membuat laporan reservasi
Mengarsip data pemesanan kamar secara akurat

C. JENIS -  JENIS  DAN STATUS RESERVASI

1. Jenis jenis reservasi
Guaranteed Reservation
Pre payment
Credit Card
Advance for Deposit
Corporate
Travel  Agent
Non Guaranteed Reservation
2. Status reservasi.
•       6.pm release
Guaranteed arrival.
Take or place (t or p).
 VIPs and CIPs.
 Tours and groups. Tour & group
 Commissionable  bookings.

D. MEDIA  DAN SUMBER RESERVASI

1. MEDIA 
Telephone
Letter
Facsimile
E – Mail
Computer Terminal
Personal

2. SUMBER
Individual
Airline
Travel Agent
FIT ( Free Independent  Traveler )
GIT ( Group Inclusive Tour )
Corporate / Company
Government
Central Reservation Office
Affiliate reservation network
Non Affiliate reservation network
Airport Representatives
Car Rental Company

E. JENIS KAMAR

Dilihat dari Jumlah Bed
Single Bedded Room  80 cm x 192 cm sampai 100 cm x 200 cm.
Double Bedded Room  135 cm x 200 cm sampai 150 cm x 200 cm
Twin Bedded Room
Triple Bedded Room
Suite Room
Dilihat dari letak
Connecting Room
Adjoining Room
Adjacent Room
Cabana Room
Duplex Room

Dilihat dari jenis tempat tidur
Single bed
Twin Bed
Double Bed
Queen Size bed
King size bed
Twin double bed
Extra bed / folding bed / rolling bed
Baby Cot / Baby Crib
Hollywood bed
Studio bed
Hide -  away  bed
Murphy bed

Dilihat dari  ukuran dan kelengkapan fasilitas
Standard Room
Second Class Room
Superior Room
Deluxe Room
President Deluxe Room / Super deluxe

F. JENIS HARGA KAMAR

1. Normal Rate
Normal rate biasa disebut juga published rates atau rack rate, jenis tarif ini biasanya dikeluarkan oleh hotel setiap tahun atau bila terjadi perubahan harga kamar di hotel, Tarif harga kamar biasa dapat dibedakan lagi menjadi :

Dilihat dari Jumlah penghuni  dalam satu kamar
Single Rate
Double Rate
Triple Rate
Dilihat dari lokasi, ukuran, view dan fasilitas kamar
Minimum Rate / Standard  Rate
Moderate Rate / Superior Rate
Maximum Rate / Deluxe Rate

2.     Special rate
Walk-in guest rate:
Group rate:
Travel agent rate:
Corporate rate
Embassy rate
Airline crew rate
Airline passenger rate
Week end rate rate
Membership card rate:
Hoteliers rate:
Press rate:
Government rate:
Long staying guest rate:
Certain packages rate:
Season Rate
Family Plan Rate
Day Rate / Day Use

G. SISTEM PLAN
1. European Plan ( EP )
2. American Plan
Continental Plan  ( CP )
Modified American Plane ( MAP ) / Half Pension / Demi Pension
Full  American Plane ( FAP ) / Full Pension / En Pension
Bermuda Plan ( BP )

H. EQUIPMENT
Reservation  Rack
Filling cabinet
Hanging map/ map Binder
Instruction board/ Statistic Board
Cancelation stamp
Confirmation stamp
Facsimile / Phone
Computer

I. FORM
Individual reservation form
Group Reservation form
Reservation Slip
Reservation Chart
System Agenda
Conventional Chart
Density Chart
Stop Go
Rom Forecaste Board
Confirmation slip
Expected Arrival list
Cash Receipt
Change and Cancellation form
Reservation Forecast

J. RESERVATION  PROSES 


  • Tamu memesan kamar diterima oleh Reservation Clerk bisa melalui nerbagai cara yaitu : Telp  Letter, Facsimile, Computer terminal, Personal   and E- Mail
  • Teliti  permintaan tamu kalau reservasi melalui Facsimile, Letter, E- Mail,  mengenai Jenis       kamar, Jumlah kamar, Tangglal Check in dan lamanya tinggal ,dan tanyakan langgsung kepada pemesan hal tersebut diatas bila pesannya dilakukan melalui telephone
  • Lihat pada reservation Chart untuk memastikan apakah kamar yang  di butuhkan oleh tamu   tersedia atau tidak
  • Bila tersedia  pindahkan data tamu secara langsung ke reservation form bila pemesanan kamar melalui Facsimile, Letter, E- Mail  dan tanyakan langsung data – data yang diperlukan kepada tamu bila pesanan dilakukan melalui telepon
  • Siapkan reservation slip yang datanya diambil berdasarkan reservation form dan bedakan         warnanya untuk membedakan jenis tamunya seperti : Merah muda (Tamu VIP) Biru                    Rombongan ) Hijau ( Travel Agent ) Kuning ( Airline ) Putih ( Individual )
  • Siapkan reservation chart yang datanya diambil dari  reservation slip atau reservation form       dengan memberi tanda sesuai dengan bentuk dari reservation chart yang di gunakan
  • Buatlah  Confirmation slip dan kirim ke tamu secepatnya  sesuai dengan cara pemesanan
  • Lakukan pengarsipan dimana Reservation Slip disimpan di reservation rack berdasarka tangga kedatangan dan dokumen lainnya simpan pada binder
  • Bila permintaan yamu tersebut tidak tersedia, tawarkan alternative kepada tamu seperti : Jenis kamar yang lain, Witting List, hotel lain Bila alternative tersebut diterima lanjutkan ke proses pengisian reservation form  dan seterusnya, Bila tamu tidak menghendaki , berilah surat           penolakan dan diarsip sesuai dengan prosedur perusahaan


K. HANDLING GROUP  RESERVATION

Dalam penanganan pemesanan untuk group, yang  biasanya dilakukan oleh travel agent, maka  perlu penanganan khusus dari pihak hotel yang antaranya :

  • Surat menyurat untuk pemesanan kamar untuk tamu group harus di arsipkan tersendiri
  • Data – data tamu untuk group harus di catat pada Group Reservation form
  • Untuk menghinadri hal –hal yang tidak diinginkan oleh hotel maka pihak hotel selalu memonitor  pesanan group sebelum  check in  dengan cara :
  1. 3 ( tiga ) Bulan ,  Menanyakan  konfirmasi  ke travel agent yang memesan tentang kepastian      pemesanan kamar
  2. 2  ( Dua ) Bulan , Menanyakan kembali kepastian pemesanan kamar , dan berusaha untuk biasa   mendapatkan deposit dan rooming list
  3. 1  ( Satu ) Bulan, Menghubungi travel agent yang memesan untuk meminta deposit dan rooming list
  4. 3 ( tiga ) hari , petugas pemesanan kamar membuat  Group Information Form dan di kirim ke      departemen yang terkai

L. HANDLING VIP  RESERVATION

 Tamu VIP  adalah tamu istimewa bagi hotel dan perlu mendapatkan pelayanan extra dari semua department yang ada di hotel, oleh sebab itu perlu penangan khusus pada saat tamu VIP memesan kamar yang antaranya :
  • Yang menentukan tamu VIP adalah General Manager atau Front Office Manager
  • Setiap pemesanan kamar untuk tamu VIP harus diketahui oleh General manager atau Front       Office ManagerPengontrolan atas kesiapan kamar harus dilakukan atau dilaksanakan langsung oleh Front Office  Manager atau Housekeeper
  • Proses pemesanan kamar harus selalu dimonitor atas kemungkinan terjadi pengunduran tanggal kedatangan, tanggal keberangkatan, permintaan khusus dan sebagainya
  • Penentuan kamar tamu VIP ditentukan oleh Front Office Manager, kamar yang akan ditempati  harus di blok beberapa hari sebelum tamu datang dengan menggunakan blocking card yang        diletakkan di room rack


M. MEMPERBARUI PEMESANAN KAMAR

PAYMENT FOR GUARANTEED OF RESERVATION

TRAVEL AGENT VOUCHER
Voucher without Value
Voucher For Deposit
Voucher with covering service
Advance reservation for deposit
Pre payment
Guaranteed letter

N. PENANGAN PERUBAHAN RESERVASI

Perubahan reservasi  ( Amendment of reservation ) adalah perubahan yang terjadi atas suatu pemesanan kamar yang sudah dilakukan oleh tamu, perubahan ini biasanya dilakukan oleh tamu dengan alasan tertentu, perubahan yang sering terjadi dalam pemesanan kamar adalah :
Tanggal kedatangan
Lama menginap
Jenis kamar
Jumlah kamar

O. PENANGAN PEMBATALAN RESERVASI
Pembatalan reservasi ( Cancellation of reservation ) pembatalan suatu pemesanan kamar yang sudah dilakukan kerena alasan tertentu. Beberapa hotel menetapkan  bahwa bila terjadi pembatalan maka advance Reservation for deposit akan dipotong sebesar 50 %
Untuk Cancellation Fee, banyak juga hotel yang mengembalikan penuh uang muka atau tidak mengenakan Cancellation Fee, bila pembatalan dilakukan setelah jam 18.00 pada tanggal kedatangan, maka seluruh Advance Reservation for Deposit tidak dikembalikan oleh hotel ke tamu, dan  hal ini sangat tergantung dari kebijaksanaan suatu management Hotel, untuk pengambilan uang deposit harus mendapat persetujuan dari Front Office Manager

P. PENANGAN GUEST  NO SHOW 

No Show ( Do not Arrive ) adalah tamu yang sudah memesan kamar  tetapi tamu tersebut tidak dating tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Q. TYPE OF RESERVATION REPORT
Reservation Transaction Report
Commission Agent Report
Information group
Turn – away Report
Revenue Forecast
Reservation History
Reservation forecast

R. RUMUS  UNTUK MEMBUAT LAPORAN RESERVASI

GUEST NO SHOW
=  Total number of No Show / Total Number of Reservation X 100%          
WIG ( Walk In Guest ) 
= Total Number of WIG / Total Number Guest Reservation X 100 %
Overstay Guest
=Total Number of overstay / Total number of check  out X 100 %
•       Under stay 
=Total Number of  Under stay  / Total number of check  out X 100 %                                    
RESERVATION GUEST
 = Total  reservation Guest – WIG Guest / Total Guest reservation X 100 %   
 Month to date Occupancy
 = Total room Sold sampai tanggal   ( X  ) / Total room Available sampai tanggal  (  X  ) X 100% 
                                 

3 komentar :

  1. WAHH terima kasih banyak yah pak..
    artikel nya sangat bermanfaat bagi saya
    yang masih sekolah untuk belajar lebih banyak
    dunia perhotelan

    BalasHapus
  2. Siang Pak, mau tanya. Yg tugas & tanggung jawab reservasi itu berdasarkan siapa ya Pak. Apakah para ahli? Jika para ahli siapa Pak? Dan tahun berapa bukunya dicetak. Terima kasih

    BalasHapus